Gandeng HPDKI Kampar, Universitas Pahlawan Gelar “Kontes Ternak Kambing 2021”

ISPINews, Pekanbaru – Universitas Pahlawan (UP) bekerja saa dengan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Kampar menggelar Kontes Ternak Kambing 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di pelataran parkir UP, pada Selasa, 28 Desember 2021.

Kali ini, mengusung tema “Upaya Melestarikan Kambing Lokal dan Meningkatkan Nilai Jual, untuk Menumbuhkan Gairah Masyarakat Beternak Kambing”.

Kontes ternak diikuti oleh para peternak kambing seKabupaten Kampar, Pekanbaru, Rokan Hulu, Dumai, Bengkalis, serta Kuantan Singingi.

Dalam sambutannya, Ketua HPDKI Kampar, Kurnia Mutaqin menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para peserta.

Event pertama untuk kontes ternak, meskipun tagline-nya untuk Kabupaten Kampar, namun sebenarnya peserta juga datang dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Riau,” ujar Kurnia yang juga Ketua Aggun Farm ini.

Sementara itu, Pembina Program Studi Peternakan Fakultas Life Sciences UP yang juga sekretaris Pengurus Wilayah Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (PW ISPI) Riau, Dr. Ir.  Sadarman S.Pt., MSc., IPM mengungkapkan kontes ternak, pada dasarnya adalah ajang pencarian atau penjaringan kambing yang berkualitas baik, unggul dari sisi genetiknya, untuk dikembangbiakan oleh peternak.

“Kegiatan yang sangat baik, memberikan nilai positif pada usaha peternakan kambing lokal yang dipelihara peternak, khususnya di Kabupaten Kampar dan peternak lainnya di luar Kabupaten Kampar. Harapannya, dapat meningkatkan nilai jual kambing lokal, sehingga pendapatan peternak pun juga meningkat,” jelas Dosen Tetap Program Studi Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ini.

Sambutan positif juga datang dari Rektor UP, Prof. Dr. H. Amir Luthfi. Rektor menyambut baik atas terlaksananya Kontes Ternak Kambing 2021.

Prof. Amir menyampaikan terima kasihnya kepada HPDKI Kampar, tamu undangan dari berbagai institusi, peserta kontes, para donator serta para pengunjung.

“Saya memberikan apresiasi positif kepada para penggagas dan panitia pelakasana, baik dari UP maupun dari HPDKI Kampar’, ujar Prof. Amir yang juga mantan Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau tersebut.

Prof. Amir juga menambahkan, UP akan terus berkomitmen memajukan usaha peternakan, terutama peternak lokal yang harus bisa menghasilkan uang, dan tidak lagi beternak secara tradisional. Namun ke depannya, mereka mampu mengubah pola usaha peternakan ke arah modern, sehingga pendapatan mereka pun bisa meningkat.

Acara yang dibuka Rektor UP tersebut, menetapkan para pemenang dari 4 kategori yang diperlombakan, yaitu jantan lokal, betina lokal, umum, dan kategori eksibisi.

Para pemenang diputuskan oleh Dewan Juri yang ditunjuk langsung oleh Rektor UP, masing-masing Dr. Ir. Sadarman S.Pt., MSc. IPM, drh. Rahmat Yusuf dan Muhammad Imron.

Untuk kategori jantan lokal, tampil sebagai pemenang I, II, dan III adalah SIS Jaya Farm, Aan Farm, dan AJR Farm.

Kategori betina lokal, pemenang I dan II diraih oleh Hanif Farm, sedangkan pemenang III diraih oleh Uwai Makmur Farm. Uwai Makmur Farm adalah lembaga yang dibina langsung oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kampar.

Selanjutnya untuk kategori Umum, pemenang I, II, dan III masing-masing diraih oleh Berkah Salo Farm, Devan Farm, dan Fadila Farm.

Untuk kategori eksibisi, pemenang I, II, dan III diraih Fatur Farm, Azka Farm, dan Lukiy Farm.

Sedangkan untuk kategori favorit, para peserta dan pengunjung Kontes Ternak Kambing 2021, menetapkan kambing kacang yang dipelihara oleh Hanif Farm, sebagai kambing yang disukai. Karena itu, ia berhak membawa pulang 1 ekor domba, yang didonasikan oleh dr. Juna Saputra Sp.OG dari Rokan Hulu.

Acara “Kontes Ternak Kambing 2021” ditutup dengan menghasilkan kesepakatan untuk melaksanakan event yang sama pada tahun 2022 mendatang.

“UP siap untuk menjadi tuan rumah kembali,” janji Rektor UP.*** (Sadarman, Sekretaris ISPI Riau).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.