ISPI Kunjungi Dirbit untuk Jembatani Masalah Perunggasan


Rubrik: berita | 2019-03-06



Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) mengunjungi Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Sugiono di kantornya di kawasan Ragunan (Senin, 4/3). Kunjungan tersebut dilakukan untuk berdikusi, mengenai kondisi perunggasan terkini. 

Ajang silaturahmi yang dimotori Ketua ISPI, Didiek Purwanto tersebut, didasari oleh keprihatinan atas kondisi perunggasan yang sedang terpuruk.

Sugiono mengatakan, hari ini (Selasa, 5/3) peternak melakukan aksi atas kekecewaannya terhadap kondisi harga yang dibawah HPP (Harga Pokok Produksi) sehingga membuat mereka merugi.

“Saya siap menghadapi kondisi ini dan berani bertanggungjawab sebagai Direktur Perbibitan. Karena memang saat ini bukan kelebihan pasokan yang membuat harga rendah, melainkan rendahnya daya beli masyarakat sebagai konsumen. Seperti halnya bulan Suro, pasti juga turun,” jelasnya.

Menurut Sugiono, semua data lengkap dari impor GPS. Jadi jelas datanya dan dihitung serta diaudit oleh para pakar. Memang tidak ada pasokan berlebih. Peningkatan kuota impor juga kami samakan yang memiliki rapor hijau dari tahun lalu.

Terkait permasalahan dunia perungagasan, Didiek menyatakan, ISPI akan menyelenggarakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) untuk menjembatani para pelaku usaha, yakni antara peternak dan perusahaan integrator.

Rencananya, FGD akan diadakan pada hari Rabu, 27 Maret 2019 di Kantor Balai Penelitian Ternak, Kementan RI di Ciawi.

IT & Media ISPI

Artikel Lainnya

  • Mei 06, 2019

    Pasar Ekspor DOKA Terbuka Luas

    Kasus kematian ini menjadi catatan merah bagi Negara Australia yang terkenal perduli akan animal welfare. Dengan berhentinya Negara Australia menjadi eksportir domba kambing, menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengisi kekosongan supplier domba kambing ke beberapa Negara. ...

  • Apr 24, 2019

    Loker PT Sumber Unggas Indonesia

    Lowongan Kerja sebagai Product Development PT Sumber Unggas Indonesia ...

  • Apr 24, 2019

    Keputusan Rapat Koordinasi Perunggasan

    Keputusan rapat koordinasi perunggasan dilaksanakan di Hotel Margocity Depok Jawa Barat pada tanggal 23 April 2019. ...

  • Apr 24, 2019

    Ekspor Domba 2018: Sebuah Catatan untuk Pemerintahan ke Depan

    Keberhasilan Jawa Timur melakukan ekspor domba ke Malaysia dengan pengiriman perdana Agustus 2018 telah membuka mata semua stakeholder di Indonesia. Bahwa potensi dan peluang dalam peternakan domba kambing (doka) di Indonesia dalam titik yang paling cerah.  ...

  • Apr 05, 2019

    Revisi Grand Desain Sapi Potong

    Pemerintah bercita-cita bahwa di tahun 2045, Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia. Dimana komoditi sapi potong akan menjadi lumbung pangan Asia di tahun yang sama. Pernyataan perencanaan ini tertuang dalam Grand Desain Pengembangan Sapi Potong dan Kerbau 2045, yang dipublikasikan oleh Kementrian Pertanian pada tahun 2016 lalu. Dalam grand desaintersebut, disebutkan target-target dan asumsi-asumsi yang harus dipenuhinya. Pasalnya, jika asumsinya tidak dipenuhi maka dengan sendirinya progam tersebut tidak mungkin akan dijalankan.  ...