Sarasehan Peternak Domba Kambing Jember


Rubrik: berita | 2019-03-16

Bertempat di Politeknik Negeri Jember (16/3), telah diadakan Sarasehan peternak domba kambing dalam mendongkrak ekspor domba.

Turut hadir sebagai pembicara pada Sarasehan tersebut, yakni Dosen Politeknik Negeri Jember Ujang Suyadi, Kim Dae Ho perwakilan PT Yongbee Indonesia, Harun Al Rasyid dari PT Inkopmar Cahaya Buana (ICB) selaku eksportir domba kambing dan Hanifah selaku pembina HPDKI Jember.

PT Inkopmar Cahaya Buana telah menjalin kerjasama dengan beberapa negara untuk mensuplai domba kambing, untuk itu dibutuhkan kemitraan peternak domba kambing di Jawa Timur khususnya Jember.

Direktur Operasional PT Inkopmar Cahaya Buana Harun Al RAsyid mengatakan, perusahaan telah menandatangani kontrak ekspor sebanyak 60 ribu ekor domba untuk jangka pengiriman setahun. Per bulan, ICB ditargetkan mengirimkan 5 ribu ekor domba dengan dengan berat domba sekitar 30 kilogram per ekor.

Adapun untuk ekspor 5 ribu domba per bulan, nilai penjualan yang diperoleh Inkopmar sekitar Rp9 miliar. Dengan begitu, untuk setiap domba ekspor harga jualnya diperkirakan sekitar  Rp1,8 juta per ekor. Namun, ekspor perusahaan juga setidaknya harus menanggung biaya pengiriman yang nilainya cukup besar. 

“Ongkos transportasi menyumbang sekitar 40% dari harga jual,” ujar Harun. 

Hanifah selaku Pembina Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Jember menyatakan kesiapannya dalam mendukung ekspor domba yang telah dilakukan oleh PT ICB.

IT & Media ISPI

Artikel Lainnya