Silaturahim ISPI Bersama Kementan dan Asosiasi


Rubrik: berita | 2019-06-25



Silaturahim ISPI Bersama Kementan dan Asosiasi

Senin, 24 Juni 2019 bertempat di Hotel Aston Simatupang, Jakarta Selatan, PB ISPI (Pengurus Besar Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia) menyelenggarakan kegiatan Halal Bihalal bersama lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementan RI dan beberapa asosiasi.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan usai hari raya Idul Fitri, merupakan kegiatan yang diinisiasi untuk silaturahim antar pengurus dan lingkup Ditjen PKH. Selain itu, sebagai konsolidasi antar pengurus dan membicarakan kondisi peternakan terkini.

“Masih di bulan syawal, Saya selaku ketua PB ISPI mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Secara pribadi dan keorganisasian, kami menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika selama satu tahun yang lalu dalam berinteraksi ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak kami sengaja,” ungkap Ir. Didiek Purwanto, S.Pt., IPM.

Didiek berharap semoga di bulan syawal ini sebagai bulan kemenangan, kita kembali ke fitrah menjadi insan yang lebih baik lagi setelah sebulan penuh kita menjalankan puasa. Semoga kita terus diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mendarma-baktikan tugas dan karya kita bagi kemajuan pembangunan peternakan.

Kurang lebih enam bulan kepengurusan ISPI di bawah kepemimpinan saya telah kita jalani. Beberapa point hasil keputusan musyawarah nasional ke-XII kita telah laksanakan. Meskipun perjalanan masih sangat panjang kedepan, ijinkan saya sedikit menyampaikan point-point capaian beberapa bulan yang telah kita lalui di antaranya sebagai berikut : 1. PB ISPI telah menyampaikan masukannya kepada Dirjen PKH terkait beberapa isu strategis yang hangat diantaranya mewabahnya kasus PMK di India, PB ISPI mendukung pemerintah untuk segera dilaksanakan rencana pemerintah melakukan audit ke India dalam rangka verifikasi program pengendalian PMK.

2. Mensikapi kondisi perunggasan nasional, PB ISPI juga telah bersurat menyampaikan masukannya kepada pemerintah. Hal tersebut berdasarkan diskusi-diskusi secara pararel yang dilakukan oleh PB ISPI diantaranya FGD perunggasan pada tgl 26 Maret 2019 di Puslitbangnak dan diskusi bersama ketua GPPU dan pakar lainnya.

Sementara itu, drh. Ketut Diarmita, MP., Dirjen PKH Kementan RI dalam sambutannya mengatakan kondisi peternakan saat ini kurang begitu bersahabat. Terutama perunggasan, dimana harga livebird di tingkat peternak telah membuat kerugian para peternak. Kementan telah berusaha untuk memulihkan kondisi tersebut. 

Hadir pula para sesepuh dan pendiri ISPI pada acara Halal bihalal tersebut. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan diskusi ringan antar anggota.

IT & Media ISPI

Artikel Lainnya