Tingkatkan Daya Saing Melalui Kemitraan


Rubrik: tentang | 2019-07-03



Tingkatkan Daya Saing Melalui Kemitraan

Surabaya (TROBOS). Strategi peningkatan nilai tambah dan daya saing peternakan salah satunya melalui kemitraan usaha peternakan. Maka itu, Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam pameran pameran Indolivestock Expo & Forum 2019 mengadakan seminar dengan tema “Peran Strategis Kemitraan dalam Pengembangan Usaha Peternakan” di Grand City Convex, Surabaya (3/7). Kegiatan yang dihadiri stakeholderpeternakan mulai dari asosiasi peternakan, pelaku usaha peternakan, pemerintah daerah, dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha serta tamu undangan.

I Ketut Diarmita Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) dalam sambutannya menuturkan Pelaksanaan kemitraan usaha peternakan didasarkan pada prinsip saling membutuhkankan, saling memperkuat, saling menguntungkan, dan saling menghargai. Perjanjian kemitraan dibuat dalam bentuk tertulis dengan bertanggungjawab dan berkeadilan. 

Kemitraan dapat dipandang sebagai sebuah “jembatan” penghubung yang strategis antara kebijakan makro ekonomi dan mikro ekonomi dan dapat menjadi alternatif solusi kesenjangan antara pelaku sektor riil UMKM dengan Usaha Besar. “Kemitraan usaha peternakan dapat menjadi salah satu pilihan strategis untuk membangun kekuatan bersama bagi pelaku ekonomi kecil, menengah, dan besar yang didorong oleh pemerintah untuk memperkuat posisi tawar peternak kecil untuk bangkit bersama dengan pelaku usaha besar dalam menghadapi persaingan global,” ungkapnya. Rahmad Ramdan (Wartawan Majalah Trobos)

#Dimuat Pula di Majalah Trobos

IT & Media ISPI

Artikel Lainnya