Menimba Ilmu di Outback. Bisa? Bisa! (Part:1)


Rubrik: berita | 2019-08-27

    Belajar industri peternakan di daerah pedalaman Australia ala cowboy seperti  film Hollywood  bukan lagi menjadi hal yang hanya dapat terjadi di dalam mimpi mahasiswa peternakan. Pengalaman ini sudah terealisasi pertama kali pada tahun 2012 dalam program NIAPP (NTCA Indonesia Australia Pastoral Program). NIAPP merupakan program tahunan yang dilaksanakan atas kerjasama ISPI dan NTCA serta dukungan dari pemerintahan Australia serta Red Meat and Cattle untuk mengirim mahasiswa peternakan Indonesia bekerja di peternakan Australia bagian utara atau yang disebut Northern Teritory.

     Tahun 2019 ini, 20 mahasiswa dari Sabang sampai Merauke bersatu untuk menjadi cowboy di negara kanguru. Sebelum diberangkatkan ke Australia, mahasiswa ini dilatih terlebih dahulu di PT Pasir Tengah yang berlokasi di Cianjur. Tahap ini dinamakan pre-departure training. Pada pelatihan kali ini, mahasiswa dilatih untuk memikili kemampuan handling sapi yang tidak menimbulkan stres, keahlian menulis, dan untuk menangani jika terkena culture shock. 

      Pada kesempatan kali ini pula, 20 peserta bertatap muka untuk yang pertama kali. Saling mengenal satu sama lain selama 5 hari sebelum berangkat merupakan hal yang sangat menyenangkan dan bermanfaat. Menambah semangat untuk terus ceria 10 minggu di Australia. 

      Dengan selesainya kegiatan pre-departure ini pada tanggal 15 Agustus 2019, para peserta akan kembali pulang dan mempersiapkan lebih matang untuk kepergian tanggal 25 Agustus 2019 nanti ke Australia selama 10 minggu. Bekerja, beradaptasi dan belajar di Outback, untuk nantinya pulang mewujudkan mimpi dan cita-cita membenahi industri peternakan Indonesia agar menjadi lebih sejahtera. Ghina Aria M (Mahasiswi Universitas Padjajaran).

IT & Media ISPI

Artikel Lainnya