KABAR ISPI


Rubrik: berita | 2019-12-01



INFO ISPI

30 November 2019

Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) yang didirikan di Bogor pada tanggal 20 Agustus 1968 merupakan wadah dan bentuk kerjasama para Sarjana Peternakan di seluruh Indonesia.  Organisasi ini bertujuan untuk memajukan, mengembangkan dan mengamalkan ilmunya dalam pembangunan peternakan nasional.

Pasal 7 ayat (2) Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) ISPI menyebutkan bahwa dalam menjalankan organisasi nya maka ISPI berusaha untukengadakan hubungan dan kerja sama dengan Badan-badan lain, baik di dalam maupun di luar negeri yang menyangkut masalah pembangunan peternakan, dan Pasal 15 menyatakan bahwa dalam rangka pengabdian masyarakat, ISPI dapat membantu, melaksanakan dan menyebar-luaskan hasil-hasil penelitian/informasi dalam ilmu peternakan.

 

Sementara itu Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan populasi sapi potong di dalam negeri, salah satunya dengan melakukan importasi sapi potong betina produktif Brahman Cross dari luar negeri dan mendistribusikannya kepada masyarakat peternak melalui kelompok-kelompok ternak dan UPTD milik Pemerintah Daerah.

 

Untuk mendukung program Pemerintah tersebut dan dalam rangka mengaplikasikan beberapa pasal dalam AD/ART ISPI sebagaimana tersebut diatas, maka ISPI ikut berkontribusi dalam upaya peningkatan kapasitas SDM dan pemberdayaan kelompok ternak dan UPTD penerima sapi potong betina produktif  Brahman Cross melalui sebuah program yang dinamakan “Program Perbaikan Sapi Betina Produktif di 5 Provinsi” yang pelaksanaannya dipimpin oleh Ir. Triastuti Andajani, M.Si selaku Manajer Program yang  ditetapkan oleh Ketua Umum PB-ISPI, Ir. Didiek Purwanto, IPU.  Pelaksanaan Program ini bekerjasama dengan Gabungan Pelaku Usaha Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) dan secara resmi didukung oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia serta dukungan dari Kementerian Pertanian Australia. 

Semoga dengan adanya Program ini, seluruh jajaran anggota ISPI khususnya di 5 Provinsi lokasi Program dapat bergandengan tangan membumikan misi organisasi dengan langkah nyata membantu peternak sapi potong yang memerlukan pendampingan dari ahlinya.....Mari gelorakan korsa ISPI untuk membantu membangun peternakan Indonesia

 

Salam Semangat ISPI ..

 

 

SEKJEN PB ISPI

Artikel Lainnya