REVISI UU PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN


Rubrik: kegiatan | 2020-03-04

 

 

REVISI UU PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

            Bertempat Hotel aston Priority Simatupang & Conference center, Jakarta Selatan (2/3) Jakarta Selatan, Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) mengadakan rapat pemantapan pembahasan draft naskah akademik atas usulan perubahan UU no 18 tahun 2009 Jo UU no 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Acara tersebut dihadiri oleh Team Dewan Pakar dan Dewan Pertimbangan PB ISPI antara Prof. Dr. Lelah Rahim (Dekan Fapet Universitas Hasanudin), Prof.Dr. Ali Agus (Dekan Fapet UGM), Prof.Dr. Suyadi (dekan Fapet UBM), Prof. Dr. Budi Guntoro (Fapet UGM) dan perwkilan dari Ditjen PKH hadir dari Direktorat Perbibitan dan Direktorat PPHNAk.

            Dalam pembukaan rapat Ketua umum PB ISPI, Ir. Didiek Purwanto IPU. menjelaskan bahwa ISPI beberapa waktu lalu diminta saran dan masukannya oleh Dirertorat Perbibitan dan Produksi Ternak Ditjen PKH untuk mengkaji UU PKH yang telah ada. “Sebenarnya ISPI beberapa waktu lalu di undang untuk mengkaji serta memberikan masukan terkait revisi UU PKH, akan tetapi karena beberapa isi dari UU sudah tidak relevan, maka ISPI sebagai rumah besar sarjana peternakan akan menginisiasi pergantian UU PKH” tegas Didiek. Dari kondisi tersebutlah yang melatarbelakangi pembentukan tim kajian UU PKH yang diketuai oleh Prof.Dr.Sc.Agr.Ir. Suyadi, MS, IPU., ASEAN Eng.

            Prof. Dr. Ir Muladno MSA sebagai salah satu anggota tim kajian UU PKH mengaku bahwa beberapa waktu yang lalu, bersama Prof Ali Agus diundang oleh DPR untuk merevisi UU Peternakan yang jumlahnya 3 pasal. Semua pasal tersebut merupakan pasal yang dipermasalahkan oleh Mahkamah Konstitunsi. “Saya menyarankan untuk merevisi total atau mengganti UU PKH yang telah ada, UU PKH  saat ini bagus secara kata-kata tapi kurang dalam isinya” jelas Muladno. Ia juga memberikan saran bahwa UU PKH seharusnya lebih mengatur subyek bukan objek.

            Dalam pertemuan tersebut disepakati secara bulat bahwa ISPI akan menginisiasi pergantian UU PKH. Selanjutnya ISPI sebagai rumah besar akan mengajak berbagai asosiasi pelaku usaha dibidang peternakan untuk  berjalan bersama. Ada beberapa hal teknis dan pertemuan lanjutan yang akan diadakan oleh ISPI guna menindak lanjuti agar naskah akademik draf UU peternakan baru segera selesai dan disosialisakan ke berbagai kalangan.

            Dalam pertemuan juga mengemuka beberapa pemikiran kedepan UU Peternakan akan focus pada obyek Bisnis Industri Peternakan yang dijabarkan dalam kerangka piker sebagai berikut :

Bisnis Hulu, berisi penjabaran :

  1. Pakan, Obat-obatan, Suplemen
  2. ALSINTAN
  3. Logistik, Distribusi

Bisnis Budidaya Ternak, meliputi :

  1. Bisnis Pembibitan
  2. Bisnis Pembiakan
  3. Bisnis Pemroduksi

Bisnis Hilir, meliputi :

  1. RPH/RPHU
  2. Pengolahan Pangan
  3. Pengolahan non pangan

Pembiayan, Promosi dan pemasaran

 

SEKJEN PB ISPI

Artikel Lainnya