Aplikasi Meta Analisis di Industri Kesehatan Hewan


Rubrik: berita | 2019-09-20



Produk kesehatan hewan memegang peranan penting dalam industri peternakan. Setiap tahap efisiensi budidaya ternak yang bisa dilakukan, akan berdampak nyata bagi tingkat keuntungan produksi ternak yang dihasilkan. Meta Analisis yang dilakukan para ahli nutrisi dan kesehatan hewan bisa dilakukan untuk mengawali upaya efisiensi budidaya ternak ini.

Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Ternak (AINI) Dr Anuraga Jayanegara dalam Seminar Nasional dan Launching Buku terbitan AINI mengatakan, meta analisis adalah suatu sintesis ilmu pengetahuan muncul dari bidang psikologi dan banyak digunakan di bidang kedokteran. Acara  berlangsung pada 19 Sept 2019 dalam rangkaian kegiatan Pameran Ildex di Tangerang. 

Lebih jauh Anuraga menjelaskan, konsep meta analisis dibangun dari berbagai eksperimen kemudian menghasilkan banyak data dan ditarik kesimpulan. Ada beberapa metode pengolah data untuk menghasilkan kesimpulan. Eksperimen tunggal dengan data yang sedikit akan menghasilkan kesimpulan yang lemah oleh karena itu diperlukan berbagai eksperimen untuk menghasilkan kesimpilan dan referensi yang kuat. 

Ia mencontohkan, suatu industri mengembangkan feed additive maka hasilnya harus spesifik untuk ternak apa, dosis yang dianjurkan, cara pemberian dan tentu saja hasil yang spesifik ini tidak dapat dihasilkan melalui eksperimen tunggal. Langkah selanjutnya yaitu koleksi data dari berbagai eksperimen dan teori yang ada. Data dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti percobaan (trial), jurnal, sejarah produk suatu industri yang selanjutnya dievaluasi. Kualitas data semakin baik jika data semakin lengkap.

IT & Media ISPI

Artikel Lainnya