ISPI Kalbar Dampingi Panen Perdana DOC KUB 2

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalbar ( Ir. Muhammad Munsif, MM) didampingi Ketua ISPI Kalbar (Dedi Haryadi, S,Pt. ) sedang memberikan vaksin pertama pada DOC Ayam KUB 2

ISPINews, Pontianak – Hari Minggu, 27 Maret 2022 menjadi hari yang bersejarah di bagi Kalimantan Barat.

Ratusan butir telur ayam Kampung Unggul Balitbangtang (KUB) 2 telah menetas.

Pondok Tani Munzalan melakukan panen perdana hatchery yaitu DOC (Day Old Chick) KUB 2.

Panen perdana dilakukan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Muhammad Munsif, MM, didampingi Ketua ISPI Kalbar, Dedi Haryadi, S. Pt.

Pada acara tersebut, Munsif memberikan vaksin kepada ratusan ekor bibit ayam KUB  2 yang dibudidayakan oleh santri-santri pondok Tani Munzalan.

Ayam KUB 2

“ Diharapkan, Pondok Tani Munzalan dapat meningkatkan produktivitasnya, untuk menunjang pemenuhan bibit Ayam KUB 2 di Kalbar yang terjamin mutunya, karena murni berasal dari Balitbangtan RI”, ujar Munsif.

Ayam KUB mempunyai sejumlah keunggulan, diantaranya usia masa panen ayam KUB yaitu 70 – 90 hari, atau lebih cepat dari pada ayam kampung biasa, yang memerlukan waktu sekitar 5 bulan.

Selain itu, ayam KUB juga memiliki perkembangan yang lebih cepat, memiliki daya tahan yang tinggi terhadap penyakit, sama halnya seperti ayam joper.

Tak hanya itu, ayam KUB juga mempunyai sifat mengeram yang rendah seperti ayam joper.

Sesi Diskusi dengan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalbar

Dari awal usaha, Pondok Tani Munzalan selalu meminta saran dan masukan dari Tim ISPI Kalbar.

Sejak awal proses kedatangan ayam KUB 2 pada Desember 2021 hingga asupan gizi pakan yang diberikan, juga selalu berkoordinasi dengan Tim ISPI Kalbar yang diketuai Dedi Haryadi, S.Pt.

Sampai saat ini pun, Tim ISPI Kalbar selalu melakukan pembinaan  setiap bulannya.

Pondok Tani Munzalan berada di lahan wakaf seluas 3 hektare, yang dijadikan sebagai sentra pertanian, peternakan dan perikanan.

Di bawah asuhan Ustadz Lukmanulhaqim dan Ustad Beni Sulastiyo, hasil dari Pondok Tani ini diharapkan dapat dipasok untuk memenuhi kebutuhan para santri penghafal Al Qur’an dengan harga murah.

Bahkan, beberapa produk, nantinya akan diberikan secara gratis kepada pondok-pondok pesantren.

Di tempat ini, setiap harinya, indukan ayam KUB 2 juga diperdengarkan murottal Al Qur’an 24 jam non stop.

Dalam tiga minggu terakhir, produktivitas telur ayam KUB 2 di Pondok Tani Munzalan mengalami peningkatan yang pesat, dari awalnya 3-5 butir telur per hari, kini menjadi 60-65 butir per hari.

Meski produktivitas telur meningkat, namun belum mencapai titik puncaknya.

Produktivitas puncak ayam KUB 2 diperkirakan di angka 50-70% dengan jumlah telur 100-140 butir.

Telur-telur tersebut berasal dari 200an ekor indukan ayam KUB 2 yang merupakan ayam galur murni, yang berasal dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian RI.

Pondok Tani Munzalan juga telah memiliki mesin penetas dengan kapasitas 6 ribu telur per bulan.

Dengan mesin kapasitas besar tersebut, diharapkan dapat menghasilkan DOC Ayam KUB 2 sehingga dapat disebarkan kepada para peternak di Kalimantan Barat sebagai indukan baru penghasil telur fertil, untuk dikembangbiakan kembali oleh peternak dengan harga yang lebih terjangkau.*** (Ir.Hartanti Ayu Wulandari, S.Pt, IPM – ISPI Kalbar)

2 thoughts on “ISPI Kalbar Dampingi Panen Perdana DOC KUB 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.