SC2VP (ISPI-RMCP) Bangun Unit Usaha Pakan (Mini Feedmill) di Korporasi KUBE Langgeng Basuki Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo

Pembangunan Unit Usaha Pakan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pakan konsentrat dan bahan pakan sapi yang dipelihara oleh kelompok ternak khususnya penerima program Desa Korporasi Sapi (DKS) di Probolinggo, Jawa Timur.

Ketersediaan pakan dan kemampuan peternak untuk menyediakannya menjadi faktor sangat penting dan kunci bagi keberlanjutan usaha budidaya sapi potong di kelompok ternak termasuk kelompok penerima program Desa Korporasi Sapi (DKS).  Penyediaan pakan hijauan juga tergantung pada luasan lahan kebun HPT yang dikuasai atau dikelola atau yang dapat di akses oleh Peternak.

Faktor kunci ini menjadi prioritas utama dalam disain proyek SC2VP di Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lampung Selatan berdasarkan assessment yang telah dilakukan sebelum Proyek dilaksanakan pada pertengahan Juli 2021.  Melalui pengembangan kebun hijauan pakan ternak (HPT) yang telah berjalan di KPT Maju Sejahtera (Lampung Selatan) dimana saat ini pertanamannya sudah mencapai lebih dari 8 ha kebun rumput Pakchong (Pennisetum Purpureum cv Thailand) dan legum Indigofera zolingeriana dan terus diperluas oleh Korporasi dan kelompok.

SC2VP juga mengembangkan unit usaha pakan (mini feedmill) di KUBE Langgeng Basuki (Probolinggo) yang diharapkan dapat membantu penyediaan pakan konsentrat dan bahan baku untuk kebutuhan kelompok-kelompok DKS serta kebutuhan peternak lainnya di sekitar wilayah Korporasi. Diharapkan dengan pendampingan anggota ISPI dalam program ISPI MENGABDI kedua Korporasi dan 10 kelompok dampingan dapat menyediakan pakan secara mandiri dan dilakukan secara berkelanjutan.

Unit Usaha Pakan (mini feedmill) yang mulai digarap sejak akhir 2021, alhamdulillah sudah akan dilakukan uji coba produksi perdananya pada tanggal 14 Juli 2022.  Dukungan dari SC2VP agar Unit ini dapat ber-operasi dimulai dari perencanaan awal, pencarian lokasi yang cukup layak (tersedia bangunan awal, mudah di akses logistik, kepemilikan, dsb), pembuatan spesifikasi dan pengadaan mesin pada bengkel terpercaya (mesin mixer kapasitas 0,5ton/jam, elevator, hammermill), pelatihan tim Unit Usaha pembuatan formulasi ransum dengan kualitas baik dan bahan mudah tersedia, penyediaan bahan baku sebagai modal awal bagi keberlanjutan Unit Usaha Korporasi, fasilitasi perluasan gudang dan pengerasan jalan produksi, serta penyediaan sarpras pendukung lainnya (timbangan pakan, mesin jahit karung, gerobak dorong, karung, baju kerja).

Selain itu SC2VP bersama dengan pendamping Korporasi dan pengurus serta perwakilan kelompok-kelompok DKS di Probolinggo telah mengembangkan 28 jenis prosedur standar operasi (SOP), termasuk SOP untuk produksi pakan konsentrat.  SOP akan menjadi acuan bagi Tim Unit Usaha Pakan untuk melakukan proses produksinya dengan baik dan benar agar produksi yang dihasilkan baik. Installment mixer dan elevator dan cleaning mesin telah dilaksanakan pada 29 Juni 2022 sedangkan pemasangan hammermill pada 8 Juli 2022.

Setelah instalasi mini feedmill selesai dilakukan, Tim SC2VP bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Probolinggo melaksanakan workshop tentang pendidikan perkoperasian pada tanggal 13 Juli 2022. Ketua Umum PB- ISPI, Ir. Didiek Purwanto, IPU yang juga advisor program SC2VP menjadi salah satu narasumber dalam acara ini.

Tidak hanya menyampaikan materi tentang membangun unit usaha pakan ternak yang profesional dan berkesenambungan melalui koperasi sapi potong, Ketua Umum PB-ISPI juga memberikan motivasi kepada anggota koperasi KUBE Langgeng Basuki dan kelompok ternak penerima Program Desa Korporasi Sapi 2020 untuk terus menjadi kuat, hebat dan menguntungkan.

Pada tanggal 14 Juli 2022, tim SC2VP melaksanakan ujicoba produksi pakan konsentrat yang dibimbing langsung oleh Dr. Hermanto, PMU SC2VP Probolinggo Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Andomeda Qomariah, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Propinsi Jawa Timur, Ir. Maryoto selaku Plt Dinas Peternakan Kabupaten Probolinggo, Junaidi, Camat Lumbang, PB-ISPI serta pihak IA RMCP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.