Sekolah Lapang Pembuatan Kebun HPT di KPT-MS Lampung Selatan

Sekolah Lapang SC2VP

ISPI melalui Proyek SC2VP (ISPI-RMCP) telah melaksanakan sekolah lapang yang ke-6 di Korporasi KPT-MS (Maju Sejahtera) kecamatan Tanjung Sari, kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.  Sekolah lapang yang dilakukan oleh SC2VP dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan peternak sapi potong penerima manfaat program Desa Korporasi Sapi (DKS) Kementerian Pertanian yang menerima bantuan 1000 ekor sapi potong pada tahun 2020, dalam aspek teknis budidaya yang secara langsung dipraktekkan di lapangan.

Sekolah lapang ke-6 dilaksanakan pada tanggal 8-9 Januari 2022 dengan fokus materi latih pada aspek penyediaan, pengelolaan dan pembuatan kebun Hijauan pakan Ternak (HPT) dan menghadirkan nara sumber ISPI Prof. Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Agr. Sc yang juga merupakan anggota Dewan Pakar PB-ISPI.

Acara diawali dengan me-refresh ulang tentang pentingnya pemberian HPT pada ternak khususnya sapi-sapi induk karena produksi induk adalah pedet yang dilahirkan dan akan memberi manfaat pada keberlanjutan suatu usaha sapi potong.

Sesi refreshing dilaksanakan di ruang pertemuan KPT-MS dan juga dihadiri oleh Kepala Dinas PKH Provinsi Lampung Ir. Lily Marwati dan Kepala Dinas PKH Kabupaten Lampung Selatan Ir. Rini, dilanjutkan dengan survey lahan kebun seluas 4 ha dan penyusunan disain kebun yang akan dijadikan demplot penanaman rumput (Pennisetum purpureum cv Thailand) dan legum Indigofera zolingeriana.

SC2VP akan membantu meningkatkan produksi kebun HPT yang dikelola oleh 5 kelompok anggota KPT-MS penerima manfaat DKS yang pada saat ini produktivitasnya kurang optimal.  Berdasarkan hasil pengamatan dan analisa yang telah dilakukan bersama dengan UNILA, rata-rata produksi rumput dari lahan 5 kelompok yang di-sampling sekitar 20 ton/ha (dari yang optimal sekitar 40ton/ha).

Fasilitasi SC2VP kepada kelompok DKS KPT-MS berupa demplot pembuatan kebun HPT yang dibuat mengikuti SOP dengan cara memperbaiki produktivitas lahan dan menjalankan tatacara penanaman dan pemeliharaan kebun yang baik dan benar.  Selain pembuatan demplot HPT, SC2VP juga memfasilitasi penyusunan SOP penyediaan pakan hijauan dan SOP pembuatan kebun HPT yang selanjutnya dapat dijadikan acuan bagi semua anggota KPT-MS yang berencana memperbaiki kebun HPT-nya atau membuat kebun yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.