13 Formatur sepakat pilih Ir. Hariyanta sebagai Ketua ISPI PW Jawa Tengah

JAKARTA, ISPINews. ISPI Jawa Tengah menggelar pemilihan Ketua Perhimpunan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Pengurus Wilayah (PW) Jawa Tengah, pada hari Sabtu, 24 Juli 2021. Langkah ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Kongres Luar Biasa ISPI tanggal 30 Januari 2021 di Bogor, Jawa Barat, yang mengamanatkan Pengesahan AD/ART, adanya perubahan Struktur Pengurus Wilayah di Tingkat Provinsi dan Pengurus Cabang di Tingkat Kabupaten/Kota.

Sebelum ada perubahan AD/ART, di Jawa Tengah  terdapat tiga Pengurus Cabang ISPI yaitu Jateng 01 PC Semarang Raya, Jateng 02 PC Banyumas/Purwokerto dan PC Jateng 03 Solo Raya. Dengan perubahan AD/ART tersebut, maka Jawa Tengah yang memiliki lebih dari satu PC, melaksanakan Musyawarah Wilayah untuk pembentukan Pengurus Wilayah.

Pelaksanaan Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub) ISPI Jawa Tengah diikuti 47 orang yang memiliki hak suara, terdiri dari 35 orang yang merupakan representasi dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, 12 Universitas dan Perguruan Tinggi yang memiliki Fakultas dan atau Prodi Peternakan, serta Peserta Peninjau. Pemilihan Ketua PW dan Dewan Pengawas dilaksanakan secara daring dengan 2 kali sidang.

Sidang Pertama dilakukan untuk penentuan dan pengusulan Formatur dan Dewan Pengawas, dimana kuota PC Jateng 01 Semarang Raya 5 Formatur dan 2 Dewan Pengawas, PC Jateng 02 Banyumas Raya 5 Formatur dan 2 Dewan Pengawas sedangkan PC Jateng 03 Solo Raya 3 Formatur dan 2 Dewan Pengawas. Penetapan kuota didasarkan pada jumlah Kab/Kota dan jumlah perguruan tinggi di setiap PC.

Sidang Kedua untuk menentukan Ketua PW dan Ketua Dewan Pengawas, dilakukan dengan musyawarah mufakat yang dibagi menjadi 2 ruangan (room). Room 1 diiukuti oleh 13 Formatur Calon Ketua PW. Pada akhirnya, seluruh Formatur mengusulkan Ir. Ignasius Hariyanta Nugraha, M.Si sebagai Ketua Formatur sekaligus Ketua Terpilih ISPI PW Jateng. Sedangkan Room 2 diikuti 4 orang Dewan Pengawas. Secara musyawarah mufakat, terpilih Prof. Dr. Ir. Widiyanto, SU., sebagai Ketua Dewan Pengawas ISPI PW Jateng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *