Audiensi Proyek SC2VP II dengan  Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan Bupati Penajam Paser Utara (PPU)

Pengurus Besar Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (PB ISPI) melalui proyek Supporting Cattle Corporation Village Program Phase II (SC2VP II) melakukan pendampingan kepada kelompok ternak penerima manfaat kegiatan Desa Korporasi Sapi (DKS), termasuk korporasi di Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur.

PB ISPI hadir untuk berkontribusi dan membantu pemerintah mengatasi permasalahan yang timbul baik masalah teknis pemeliharaan maupun masalah sosial.  “Program DKS ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan populasi sapi potong di dalam negeri. Namun ternyata pada pelaksanaannya di lapangan masih banyak ditemui masalah, terutama masalah sosial yang seharusnya diantisipasi sejak awal, masalah tersebut berpotensi mengganggu tujuan program DKS” Ujar Sri Widayati, Pimpinan Proyek SC2VP II.

Dengan dukungan dari IARMCP (Indonesia Australia Red Meat & Cattle Partnership), SC2VP II melakukan pendampingan kelompok dan korporasi dengan beberapa pendekatan, diantaranya bantuan berupa beberapa sarana produksi  seperti 1 (satu) unit mini feedmill (kapasitas produksi 3 ton per jam), 5 (lima) unit mesin sprayer, mesin pengelolaan pupuk organik, obat-obatan/vitamin dan bahan sanitasi untuk program biosecurity, dan bibit untuk penanaman hijauan pakan ternak.

Selain bantuan sarana prasarana tersebut selama proses pendampingan, proyek SC2VP II juga melakukan kegiatan peningkatan kemampuan sumber daya manusia dalam hal pengelolaan budidaya sapi potong secara profesional melalui korporasi dengan mengoptimalkan sumberdaya lokal. Pola pendampingan serta peningkatan sumber daya tersebut kami lakukan dengan menerapkan sekolah lapang, dengan harapan para petani mendapatkan pengetahuan secara teori dan praktek langsung di lapangan. Pendampingan kelompok dan korporasi juga memperhatikan Kesetaraan Gender Disabilitas, dan Inklusi Sosial.

Tim SC2VP II yang terdiri dari Pimpinan Proyek, Ketua Umum PB ISPI, Advisor,  Koordinator Wilayah, Kantor Pusat Proyek, Manajer Kantor Unit Kalimantan Timur, ISPI Wilayah Kaltim melakukan kunjungan untuk  audiensi ke kantor Gubernur Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Namun Gubernur sedang menjalani isolasi mandiri, maka Tim SC2VP II diterima oleh Sekretaris Daerah, Riza Indra Riadi.

Ucapan terima kasih disampaikan Sekda Kaltim kepada ISPI yang menaruh perhatian dan melakukan pendampingan DKS Kaltim.  Melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim, Pemprov menyatakan siap mendukung dan mendorong sinergitas pembinaan demi suksesnya program Desa Korporasi Sapi di Kaltim. Audensi ditutup dengan pemberian cinderamata ISPI kepada Sekda Prov. Kaltim.

Acara audensi dilanjutkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan diantar Kabid Peternakan Kabupaten PPU (Arif Murdianto) bertemu dengan Bupati PPU (Hamdan) di rumah dinas.  Ketua PB ISPI (Didiek Purwanto) yang juga sebagai Advisor SC2VP II menyampaikan visi-misi dan pokok-pokok kegiatan pendampingan DKS yang diluncurkan tahun 2021 di 5 (lima) provinsi termasuk di Provinsi Kaltim/Kabupaten PPU.

Dalam suasana yang “cair” Bupati menyampaikan terima kasih atas pendampingan dari ISPI/SC2VP-II, dan pada intinya Pemerintah Kabupaten PPU siap mendukung baik melalui bantuan fisik dan pembinaan untuk penguatan DKS-2021sesuai alokasi anggaran APBD-II. Hal yang sama audiensi ditutup dengan pemberian cinderamata ISPI oleh Ketua PB ISPI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.