Bantu atasi Covid-19, PPN LAMPUNG Bagikan Ribuan Telur Gratis

Pinsar Petelur Nasional (PPN) Wilayah Lampung tebar ribuan butir telur secara gratis. Aksi ini dalam rangka mensukseskan “Gerakan Nasional Peternak Petelur ikut bersama mengatasi Covid-19”.  Program ini sudah dan akan terus dilakukan, dengan membagikan telur sebanyak 28.700 butir, kepada mereka yang terkena dampak pandemi corona. Pembagian telur diharapkan mampu meningkatkan imun masyarakat penerima, baik masyarakat umum maupun tenaga kesehatan (nakes).

Program yang diinisiasi oleh Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Pinsar Petelur Nasional (PPN) Pusat ini, sudah dilakukan secara nasional. PPN Lampung  sudah membagikan 20.700 butir telur, tersebar di sejumlah kabupaten/kota, seperti Lampung Timur, Lampung Tengah, Kota Metro, Lampung Selatan dan di kota Bandar Lampung. Dalam pelaksanaan di lapangan, PPN Lampung juga bekerjasama dengan komunitas lain, seperti komunitas kemanusiaan Kobar di Kalianda, Lampung Selatan serta KAGAMA di Bandar Lampung.

Untuk  Kabupaten Pringsewu dan Pesawaran, PPN Lampung bersinergi dengan Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Wilayah Lampung.  Rencananya, 8 ribu  butir telur akan disalurkan di dua kabupaten tersebut.

4 ribu butir telur bakal disalurkan untuk Kabupaten Pringsewu. Ribuan butir telur ini diberikan kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Gading Rejo dan Puskesmas Wates, Pringsewu  pada Kamis, 29 Juli 2021.  Sementara di Kabupaten Pesawaran, akan dibagikan 4 ribu butir telur pada Senin, 2 Agustus 2021.

Bantuan telur ini diserahkan oleh Dra. Purwanti Mulawarman, seorang peternak penggerak di Pringsewu dan sekitarnya, sekaligus sebagai Ketua Koperasi PPN Lampung Sejahtera dan didampingi  Ketua  PPN Lampung, Ir. Jenny Soelistiani, M.M serta perwakilan dari ISPI wilayah Lampung.

Ketua PW ISPI Lampung, Aris Susanto, S.Pt menyatakan, ISPI senang bisa ikut terlibat dan berkontribusi dalam aksi peduli Covid-19  di Kabupaten Pringsewu dan Pesawaran ini, karena kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut dari MoU antara ISPI dan PPN Lampung, untuk saling bersinergi dan berkolaborasi.

Telur menjadi salah satu asupan makanan yang disarankan bagi pasien Covid-19 yang sedang melakukan pemulihan, karena mengandung nutrisi yang berkhasiat. Telur juga dianjurkan agar menjadi menu makanan sehari-hari, karena bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Telur mengandung banyak asam amino dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, agar dapat berfungsi dengan baik. Satu butir telur mengandung 7 gram protein pembentuk otot, vitamin esensial seperti selenium sebesar 22 persen serta vitamin A, B dan K. Selain itu, telur juga mengandung nutrisi lain, yakni riboflavin, yang berfungsi penting untuk perkembangan dan pertumbuhan inti sel. Mengkonsumsi dua butir telur sehari, juga dapat membantu melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh.

Telur juga dapat membantu memberikan energi bagi tubuh, yang sedang dalam tahap pemulihan, karena vitamin B dapat membantu tubuh mengubah bahan bakar dan memberi energi. Kandungan selenium yang ada di dalam telur, juga membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kolesterol jahat, dan mencegah risiko gaya hidup tak sehat.

Harga telur yang relatif lebih murah dibanding sumber protein lainnya dan mudah diperoleh, menjadi pilihan tepat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh.

Bagi yang ingin mendukung acara ini melalui kampanye digital, silakan membuat Twibbon melalui link berikut https://twb.nz/makantelurjagasedulur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *