Dukung Dunia Pendidikan, PT Sido Agung Agro Prima Gandeng UNU Cirebon Meresmikan Prodi Peternakan

PT Sido Agung Agro Prima menggandeng Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon meresmikan Program Studi (Prodi) Peternakan.

Kolaborasi tersebut merupakan wujud komitmen PT Sido Agung Agro Prima di dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang peternakan.

Peresmian Prodi Peternakan UNU Cirebon itu ditandai penyerahan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI kepada Direktur Utama PT Sido Agung Agro Prima, Bram Sebastian, Ph.D.

Penyerahan SK tersebut berlangsung dalam Wisuda Angkatan IV Tahun 2021 UNU Cirebon di Ballroom Hotel Apita Cirebon, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (8/12/2021).

Ketua Pembina Yayasan Cahaya Putra Bangsa, KH Eman Suryaman, saat menyampaikan sambutan dalam Wisuda Angkatan IV Tahun 2021 UNU Cirebon di Ballroom Hotel Apita Cirebon, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (8/12/2021).

Ketua Pembina Yayasan Cahaya Putra Bangsa, KH Eman Suryaman, saat menyampaikan sambutan dalam Wisuda Angkatan IV Tahun 2021 UNU Cirebon di Ballroom Hotel Apita Cirebon, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (8/12/2021). (TribunCirebon.com)

Bahkan, Bram yang merupakan lulusan Program Doktoral dari University of Georgia tersebut juga bakal didaulat menjadi Dekan Fakultas Peternakan UNU Cirebon.

Bram mengatakan, kehadiran Prodi Peternakan menjadi wujud kepeduliannya sebagai pengusaha dalam perkembangan pendidikan di Cirebon.

Sebab, menurut dia, saat ini industri peternakan di wilayah Cirebon dan sekitarnya bertambah maju sehingga membutuhkan kualitas SDM yang mumpuni.

“Kami bekerja sama dengan UNU Cirebon meresmikan fakultas baru, tapi tahap awalnya prodi dulu,” ujar Bram Sebastian saat ditemui usai kegiatan.

Ia mengatakan, Cirebon dan Kuningan menjadi daerah tujuan pengembangan usaha peternakan. Bahkan, sejumlah perusahaan besar mulai membangun kandang breeding.

Namun, belum banyak perguruan tinggi di Cirebon yang membuka Fakultas Peternakan sehingga pihaknya menggandeng UNU Cirebon untuk mendirikannya.

Berdirinya Prodi Peternakan UNU Cirebon diharapkan mampu mencetak Iulusan yang memahami dan mengikuti perkembangan di bidang industri peternakan, khususnya unggas, dan memiliki jiwa wirausaha.

“Perusahaan tetap berkomitmen untuk menyerap Iulusan-lulusan terbaiknya sebagai tenaga kerja, dan kami juga membantu dari sisi tenaga pengajarnya,” kata Bram Sebastian.

Direktur PT Sido Agung Agro Prima, drh Asrokh Nawawi, menyampaikan, mahasiswa Prodi Peternakan UNU Cirebon akan dilatih menjadi manusia mandiri.

Dalam perkuliahan, mereka juga dibekali 60 – 70 persen praktik riil di industri peternakan untuk mempelajari breeding farm, commercial farm, feedmill, dan lainnya.

Karenanya, para mahasiswa akan memiliki pengetahuan tentang logistik, pergudangan, hingga food processing yang didapat dari perkuliahan.

“Mereka punya bekal yang cukup untuk menjadi wirausaha, atau kalau bekerja di industri peternakan tidak perlu magang lagi karena sudah berpengalaman,” ujar Asrokh Nawawi.

Sementara Ketua Pembina Yayasan Cahaya Putra Bangsa yang menaungi UNU Cirebon, KH Eman Suryaman, mengatakan, Prodi Peternakan dibuka mulai tahun ajaran 2022/2023.

Karenanya, prodi tersebut dipastikan menerima pendaftaran mahasiswa baru mulai tahun depan dan informasi lebih lengkapnya dapat diakses melalui website resmi UNU Cirebon, www.unucirebon.ac.id.

“Target pada tahun pertama bisa menerima 50 mahasiswa juga sudah bagus, karena kami mengejar kualitas yang mumpuni dari lulusan Prodi Peternakan UNU Cirebon,” kata Eman Suryaman.

Selain dukungan pada Universitas, menurut sekjen PB ISPI, Sido Agung juga turut serta mendukung kegiatan PB ISPI, tahun lalu dalam rangka peduli Merapi dengan memberikan suport berupa pakaian dan kegiatan-kegiatan ilmiah lain di wilayah Jawa Tengah. Tahun ini, Sido Agung juga memberikan dukungan dalam kegiatan Workshop yang dilaksanakan di Solo, 18 sd 19 Desember 2021

Artikel ini telah tayang di TribunCirebon.com dengan judul Dukung Dunia Pendidikan, PT Sido Agung Agro Prima Gandeng UNU Cirebon Meresmikan Prodi Peternakan, dengan beberapa perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *