Hamsah Sunuba, Ketua ISPI Sulbar, Sarat Pengalaman Politik yang Aduhai

JAKARTA, ISPINews. Pengurus Wilayah (PW) ISPI Sulawesi Barat telah terbentuk sesuai dengan mandat yang dalam AD/ART Pengurus Besar Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (PB-ISPI).

Adalah Ir. H. Hamsah Sunuba, M.Kes., yang terpilih dan dipercaya untuk memimpin ISPI di Sulawesi Barat. Pria kelahiran Tinambung, Polewari Mandar (Polman) ini, merupakan lulusan Sarjana Peternakan Universitas Hasanudin (Unhas) pada tahun 1991. Hamsah juga melanjutkan pendidikannya pada bidang kesehatan di kampus yang sama, hingga selesai pada tahun 2002.

Sebagai ketua PW ISPI Sulawesi Barat, pengalaman pria kelahiran 15 Desember 1965 ini, tidak perlu diragukan lagi. Ia pernah menjadi dosen Unasman dari tahun 2000 – 2005, kemudian menjadi ketua KPUD Sulawesi Barat sampai tahun 2007. Tak hanya sampai di situ, Hamsah kemudian menjadi anggota DPRD yang terpilih dalam 3 periode, dari tahun 2009 – 2023. Dengan kemampuan leadership yang dimiliki, selama di DPRD, Hamsah dipercaya untuk menempati jabatan Wakil Ketua Komisi maupun Ketua Komisi.

Jiwa kepemimpinan Hamsah sudah teruji lewat berbagai pengalaman organisasi yang pernah diikutinya. Mulai dari keanggotaannya sebagai pengurus KPM-PMM Kabupaten Polmas, AMPI Sulawesi Selatan hingga KNPI Sulawesi Barat. Hamsah juga pernah menjabat Ketua FIMMI Indonesia Sulbar, Sekretaris Fraksi Golkar dan kini, menjadi ketua Fraksi Golkar di DPRD Provinsi Sulawesi Barat.

Sebagai Ketua PW ISPI Sulbar, pada Rabu, 16 Juni 2021, Hamsah menggelar rapat perdana PW ISPI Sulbar. Ia sudah siap untuk gaspol, untuk memaksimalkan peran ISPI.

Beserta tim kepengurusan PW ISPI, sudah dibahas pembentukan Pengurus Cabang (PC) di enam Kabupaten yang ada di Sulawesi Barat, serta potensi kerjasama dengan Universitas Sulawesi Barat. Tak hanya itu, ISPI Sulbar juga mendorong Sulbar sebagai pusat pengembangan ternak, karena sektor peternakan memiliki potensi yang sangat menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *