“GERAKAN AKSI PEDULI CEGAH COVID 2019 DI LAMPUNG”


Rubrik: even | 2020-04-12



“GERAKAN AKSI PEDULI CEGAH COVID 2019 DI LAMPUNG”

Kolabrasi  ISPI CABANG LAMPUNG dan

 Ikatan Keluarga Alumni  Peternakan Fakultas Pertanian (IKA PTK FP) UNILA

 

Mewabahnya penyebaran virus corona (COVID-19) yang terjadi di beberapa daerah di dunia dan termasuk Provinsi Lampung  sejak Februari 2020 lalu, menyebabkan kecemasan dan kepanikan masyarakat.  Pencegahan dan pengendalian penyebaran virus ini perlu kepedulian kita semua, termasuk Keluarga Besar ISPI Cabang Lampung.  ISPI Cabang Lampung bekerjasama dengan IKA Peternakan FP Unila melakukan Aksi Peduli Cegah Corona dengan berbagi Hand Sanitizer dan Desinfektan kepada masyarkat yang membutuhkan.

Menurut Ketua Umum ISPI Cabang Lampung Ichwan Adji Wibowo, S.Pt, MM. aksi peduli pencegahan virus corona ini akan terus dilakukan dengan membagi-bagikan Hand Sanitizer dan Desinfektan kepada masyarkat yang membutuhkan. Selain membagikan Hand Sanitizer dan Desinfektan ISPI Cabang Lampung dan IKA Peternakan FP Unila juga mengedukasi masyarkat melalui tips membuat desinfektan dari bahan-bahan yang ada ditoko-toko sekitar rumah, yang tentunya  aman dengan takaran yang sesuai. 

Pembagian Hand Sanitizer dan Desinfektan dilakukan secara gerilya dan massif dari satu daerah ke daerah lainnya agar tidak menimbulkan titik-titik kerumunan dan keramaian. Aksi ini sudah dilakukan seminggu terakhir di beberapa daerah di Kota Bandar Lampung antara lain  Kelurahan Korpri Jaya, Kelurahan Tanjung Baru, Kelurahan Rajabasa Nunyai, Kelurahan Tanjung Seneng, Kelurahan Sukabumi, Kelurahan Way Halim, Kelurahan Sumber Rejo Kemiling, Labuhan Dalem, serta di Kabupaten Lampung Selatan yaitu Kelurahan Natar  dan Perumahan Bataranila Haji Mena.

Aris Susanto, S.Pt, selaku Ketua Umum IKA Peternakan FP Unila menambahkan, pihaknya bergerak bersama ISPI Cabang Lampung  karena sama-sama memiliki pengalaman bagaimana insane Peternakan memerangi virus H5N1 (Flu Burung) yang beberapa tahun yang lalu juga menjadi wabah di Lampung.  Selain kepada masyarakat umum pembagian Hand Sanitizer dan Desinfektan ini akan diberikan kepada para pelaku UMKM terutama para pedagang makanan dan minuman agar mereka tidak was-was dalam berjualan dan masyarakat juga merasa nyaman untuk membeli karena pedagang melakukan hidup sehat dan bersih dengan membawa hand sanitizer dan melakukan penyemprotan desinfektan. Selain itu juga dilakukan pada Masjid-masjid untuk kenyamanan ibadah umat Islam.

Ir. Syahrio Tantalo, MP sebagai Ketua Takmir Masjid Al Hijri Rajabasa Indah yang berlokasi di Kelurahan Rasabasa Nunyai Kota Bandar Lampung yang juga selaku Dewan Pinasehat ISPI Cabang Lampung dan Pembina IKA Peternakan FP Unila, menyatakan bahwa  pembagian Hand Sanitizer dan Desinfektan ini sangat membantu masyarakat untuk mencegah penularan wabah  COVID-19, apalagi pembagian inid ilakukan disaat Hand Sanitizer dan Desinfektan sulit diperoleh/didapatkan oleh masyarakat karena tiba-tiba langka dan harganya menjadi sangat mahal.  Beliau mengapreasi langkah ISPI Cabang Lampung dan IKA Peternakan FP Unila yang terus melakukan aksi peduli ini. Semoga menginspirasi organisasi/lembaga-lembaga lain untuk ikut bergerak mengendalikan dan mencegah penyebaran virus ini.

Saat ini IKA Peternakan FP Unila sedang melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk melakukan kerjasama dalam kegiatan AKSI PEDULI CEGAH COVID 2019 ini. Mohon doa dan support juga dari PB ISPI untuk kami tetap semangat sesuai dengan keahlian kita untuk ikut berpartisipasi peduli terhadap wabah COVID 2019. Semoga kita selalu sehat dan terhindar dari virus Corona tersebut. Aamiin...aamiin...

SEKJEN PB ISPI

Artikel Lainnya