ISPI Serahkan Bantuan Pakan dan Hijauan Ternak Korban Bencana Merapi

Klaten, PB-ISPI.org. Ikatan Sarjana  Peternakan Indonesia (ISPI)Pengurus Cabang Jawa Tengah mengunjungi Kandang Penampungan Ternak terdampak ancaman erupsi letusan Gunung Merapi di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Senin (16/11).

Sebanyak 128 ekor ternak sapi telah dievakuasi untuk menghindari bencana letusan Gunung Merapi yang dapat terjadi sewaktu-waktu, mengingat status “Siaga level 3” telah ditetapkan oleh Badan Geologi pada tanggal 5 November 2020.

Sebagai bentuk kepedulian para sarjana peternakan di seluruh Indonesia, pada kesempatan tersebut ISPI PC Jateng menyerahkan bantuan pakan ternak berupa konsentrat dan hijauan pakan ternak.

Hal tersebut disambut baik oleh Pjs Bupati Klaten, Sujarwanto. Ia mengucapkan terima kasih kepada ISPI yang telah membantu dan membuat peternak bahagia. Menurutnya, dengan kepedulian ISPI dan pemerintah daerah, warga tidak perlu risau dengan isu yang beredar bahwa harga ternak mereka akan turun akibat bencana.

“Dengan adanya kecukupan pakan, kondisi ternak dapat dipertahankan dengan baik. Saya atas nama pemerintah dan mewakili para peternak dan dinas yang membidangi fungsi peternakan kabupaten, menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ISPI yang telah peduli dengan peternak,” ujarnya.

Sementara itu menurut Ketua ISPI Jateng, Ir. Ghofar Ismail, MM, pemberian bantuan pakan konsentrat ditujukan untuk sapi potong dan sapi perah dan ternak-ternak yang sudah dievakuasi di kandang penampungan.

“Untuk lokasi pemberian bantuan, kita laksanakan di Desa Balerante dan Desa Singlar, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten yang jaraknya masih dalam radius 5 km dari Gunung Merapi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir para Pengurus Cabang ISPI Jateng, Pjs Bupati Klaten (Sujarwanto), Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Klaten beserta jajarannya, Para Petugas Lapangan dan warga di sekitar Desa Balerante.

Berdasarkan informasi, kegiatan pemberian bantuan pakan dan hijauan ternak juga akan dilakukan di wilayah terdampak yang lain seperti di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *