Kapgama Beri Bantuan Protein Hewani Kepada Warga Terdampak Covid-19

 

YOGYAKARTA, ISPINews. Keluarga Alumni Fakultas Peternakan UGM (Kapgama) menggelar kegiatan “Kapgama Beramal dan Peduli Covid-19” pada Jumat, 6 Agustus 2021. Kegiatan ini berupa pemberian bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya tenaga kesehatan, mahasiswa dan keluarga dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Peternakan UGM. Selain Kapgama, sejumlah donasi berasal dari alumni Fakultas Peternakan UGM, PT. Ciomas Adisatwa dan PT. So Good Food (Japfa Group), PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk dan Persatuan Orang Tua Mahasiswa (POTMA) Fakultas Peternakan. Bantuan yang diberikan berupa daging ayam, telur dan susu.

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN. Eng mengatakan, stakeholder peternakan – yaitu dosen, mahasiswa, pelaku industry – sangat prihatin dengan kondisi masyarakat yang terdampak Covid-19, terutama tenaga kesehatan.

Menurut Ali, sebagai bagian dari bangsa, Kapgama perlu berbagi meringankan beban masyarakat, termasuk yang sedang melakukan isolasi mandiri dengan produk-produk peternakan yang berkualitas, yang dapat meningkatkan kebugaran/imunitas, dengan meningkatkan konsumsi protein, khususnya albumin yang ada pada telur. Telur merupakan pangan yang mudah ditemukan dan mudah diolah serta murah.

Aksi amal ini bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia yang identik dengan perjuangan. “Kapgama beramal” merupakan salah satu bentuk perjuangan dari Fakultas Peternakan UGM untuk bergotong royong membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Di masa pandemi, Kapgama telah empat kali menggelar kegiatan amal. Periode pertama hingga ketiga dilaksanakan pada tahun 2020. Sedangkan periode keempat dilakukan pada tahun 2021 ini. Bantuan untuk tenaga kesehatan disalurkan melalui Rumah Sakit Akademik UGM, Rumah Sakit Darurat Khusus Covid-19 UGM dan Satgas Covid-19 UGM.

Menurut Plan Manager RPA Sleman PT Ciomas Japfa Group, drh. Dody Agung Prasetyo, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi kepada masyarakat, terutama tenaga kesehatan maupun yang sedang melakukan isolasi mandiri dan dirawat di rumah sakit. Dody berharap, bantuan ini dapat berkontribusi untuk tenaga kesehatan, agar terus semangat dan bermanfaat meningkatkan imunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *