Ngopi, Organisasi…dan kini, jadi Ketua PW ISPI Lampung

LAMPUNG, ISPINews. 19 Desember 2020, bisa jadi merupakan hari yang tak bisa dilupakan oleh Aris Susanto, S.Pt. Hari itu, ia terpilih menjadi Ketua Pengurus Wilayah Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Lampung, periode 2021 – 2026. Aris terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Cabang (Muscab) ISPI Lampung, tanggal 19 Desember 2020.  Aris adalah alumni Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Lulus tahun 2004,  kemudian menjadi Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Peternakan FP Unila (IKA Peternakan FP Unila) periode 2018-2023.

Pria kelahiran Bandar Jaya, Lampung, 6 Mei 1981 ini, kini bekerja di sebuah lembaga keuangan swasta – Sampoerna Financial Group sebagai Area Manager Lampung.  Aktivitasnya di dunia perbankan dan lembaga keuangan, membuatnya cukup dekat dengan para pelaku UMKM, termasuk peternakan, baik yang bergerak disektor hulu maupun di sektor hilir.

Aris yang punya perawakan tinggi besar ini, begitu perhatian kepada para peternak unggas maupun ruminansia seperti kambing dan sapi, yang ada di Lampung, terutama dalam hal pendanaan melalui lembaga keuangan yang saat ini digeluti.  Sejak 13 tahun lalu, penggemar kopi ini, memang sudah bergelut dengan dunia perbankan dan lembaga keuangan. Aris mengawali karirnya sebagai Account Officer hingga Branch Manager di Bank Mega Syariah pada tahun 2008-2010. Ia kemudian pindah untuk bekerja pada Bank Pundi Indonesia sebagai Team Leader, lalu  menjadi Area Manager di Sampoerna Financial Group sejak tahun 2011 hingga saat ini.

Punya hobi suka berorganisasi, Aris kecil sudah aktif ikut organisasi di kegiatan pramuka dan menjadi salah satu utusan mengikuti kegiatan Jambore Nasional (Jambas) di Cibubur, Jakarta Timur pada tahun 1996. Tak hanya itu, saat di bangku SMP, ia menjadi Ketua Umum OSIS di SMP Negeri 02 Banjar Agung, Tulang Bawang, Lampung.

Di bangku sekolah tingkat atas, Aris memilih masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan Perikanan di salah satu perusahaan udang terbesar ketiga di dunia, yakni PT. Dipasena Citra Darmaja. Selanjutnya, ia diterima untuk kuliah di Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Unila melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN). Selama kuliah, hobi organisasi terus berlanjut dengan menjadi Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Peternakan periode 2002-2003 dan beberapa kali menjadi utusan dalam kegiatan Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI).

Menjadi Ketua PW ISPI periode 2018-2023,  membuat pria yang hobi traveling dan kulineran ini, untuk berusaha semaksimal mungkin, terus membantu pengembangan dan kemajuan dunia peternakan baik melalui bidang yang ia tekuni saat ini, di lembaga keuangan maupun melalui organisasi ISPI yang jadi wadah teman-teman seprofesinya. “KITA adalah ISPI, Sinergi dan Kolaborasi”. Itulah tagline PW ISPI Lampung yang kini dipimpinnya.

One thought on “Ngopi, Organisasi…dan kini, jadi Ketua PW ISPI Lampung

  1. Adinda Aris Susanto.. selamat berkarya dan berbakti serta tebar kebaikan ya.. dalam dunia peternakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *