Perkuat Kepengurusan, ISPI Selenggarakan Workshop Manajemen Organisasi

Workshop ISPI dilaksanakan untuk memperkuat kelembagaan.

Pengurus Besar Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (PB-ISPI) telah menyelenggarakan Workshop Manajemen Organisasi di Swiss-Belhotel, Surakarta Sabtu-Minggu (18-19 Desember 2021). Peserta kegiatan merupakan perwakilan dari Pengurus Wilayah (PW) ISPI di Pulau Jawa.

Acara ini digelar untuk meningkatkan kemampuan pengurus ISPI tentang pengelolaan organisasi yang efektif dan efisien, baik untuk internal organisasi maupun untuk keperluan kerjasama dengan pihak lain.

Berkaitan dengan tujuan tersebut, panitia mengundang narasumber dari bidang yang berbeda yaitu Ketua Umum PB ISPI Ir Didiek Purwanto, IPU, ahli komunikasi strategis dan komunikasi digital Dr. Andre Rahmanto dan pakar sosial ekonomi peternakan Dr. Rochadi Tawaf.

Sebagai tuan rumah, ketua PW Jawa Tengah Ir. Ignasius Hariyanta Nugraha, M.Si menyambut baik kegiatan workshop manajemen organisasi ISPI. “Sebagai bekal bagi kami, Pengurus Wilayah yang sebagian baru terbentuk untuk nantinya mendukung program kerja PB ISPI dan diselaraskan dengan program kerja PW ISPI”, ungkapnya.

Ir. Didiek Purwanto, IPU dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk melaksanakan program organisasi maka dibutuhkan kemampuan yang baik. Didiek menambahkan, kegiatan ini merupakan capacity building untuk meningkatkan kemampuan pengurus ISPI sehingga nantinya menjadi potensi yang diinginkan untuk kerjasama ke depan, dan tidak mengalami persoalan.

Sekilas SC2VP, program besar ISPI bertajuk ISPIMengabdi

Penanggung jawab Supporting Cattle Corporation Village Program (SC2VP), salah satu program besar ISPI yang bertajuk ISPI Mengabdi, Ir. Triastuti Andajani, M.Si turut memberikan pengantar workshop. Tutik -panggilan akrabnya- menjelaskan bahwa pada tahun 2019 ISPI telah sukses melaksanakan program Improvement Program Productive for Female Cattle (IP2FC).

Sebagai kelanjutannya, ISPI dipercaya untuk melaksanakan program SC2VP dengan dukungan dari Indonesia Australia Red Meat & Cattle Partnership (IA-RMCP) melalui program pendampingan, sekolah lapang dan bantuan sarana prasarana. Program ini dilakukan untuk mendukung penyediaan pakan dan air minum ternak kepada kelompok penerima program DKS tahun 2020 di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Dia berharap, program kerjasama dengan mitra yang telah dilakukan oleh PB dapat menjadi motivasi bagi PW untuk dapat melakukan program program yang bagus.

Pada kesempatan yang sama sekjen PB ISPI, Ir. Joko Susilo, S.Pt. IPM. menuturkan bahwa kedepan kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan dalam rangka memperkuat kelembagaan ISPI di seluruh wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *