Prof. I Gede Suparta Budisatria : Tak  Ada Hasil Yang Mengkhianati Usaha

YOGYAKARTA,ISPINews. “Tak ada hasil yang mengkhianati usaha”. Mungkin pepatah tersebut, cocok untuk melukiaskan kegigihan dan ketekunan Prof. I Gede Suparta Budisatria. Lelaki kelahiran Bali, 22 Mei 1968 itu,  saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumber Daya Manusia, Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (Fapet UGM).

Prof. Gede – begitu panggilan akrabnya, mengawali karir di UGM pada penghujung tahun 1994. Dalam waktu kurang dari 20 tahun mengajar, Prof. Gede diangkat menjadi guru besar, saat usianya belum menyentuh 46 tahun. Keberhasilan ini, tentu tidak lepas dari berbagai pendidikan dan pengalaman yang telah dilaluinya.

Alumni S1 Fakultas Peternakan UGM ini, adalah lulusan S2 dan S3 di Wageningen University pada bidang Sistem Produksi Ternak. Wageningen University adalah salah satu universitas terbaik di dunia yang ada di Belanda, terutama pada bidang pertanian. Selama menjadi mahasiswa di sana, Prof. Gede memanfaatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang terkait dengan karirnya.

Pengabdian Prof. Gede, bukan hanya kepada UGM semata, tetapi lebih luas, yaitu pada negara Indonesia, melalui berbagai kegiatan terkait ternak potong dan kerja yang dikuasainya. Ia menjadi anggota Komisi Bibit Nasional dan tim komisi pertimbangan uji performance sapi potong. Selain itu, ia juga pernah menjadi pakar pendamping di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Indrapuri Aceh serta Dinas Peternakan di Kabupaten Klungkung, Bali dan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Prof. Gede juga pernah mewakili Indonesia, dengan menjadi District Coordinator dan National Livestock Consultant di UN FAO Indonesia.

Jagoan bola voli saat kuliah ini, juga berbagi ilmunya pada berbagai kegiatan di luar kampus UGM, misalnya tahun 2016, ketika menjadi dosen di Universitas Musamus. Sedangkan tahun 2019 hingga kini, sebagai Adjuct Professor di University of New England, Australia.

Berbagai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pernah dilakukannya, sudah tak terhitung pula, jumlah publikasi ilmiah yang dihasilkan. Tak hanya itu, ia juga memiliki berbagai paten dan produk inovasi, yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat.

Semua yang dilakukannya merupakan sumbangsih kepada UGM maupun masyarakat secara luas. Keberhasilan Prof. Gede, tentu tidak terlepas dari dukungan istri dan anaknya. Kebahagiaan dan keharmonisan keluarga tercermin dalam kehidupan sehari-hari sangat nampak di saat ada waktu longgar. Di luar rutinitas mengajar, dimanfaatkannya untuk bisa  berkumpul dan bercengkerama bersama keluarga, dengan menyalurkan hobinya merawat tanaman dan jalan-jalan menikmati kebersamaan. Bersama sang istri yang meru[akan adik angkatan, kini putra pertama Prof. Gede baru lulus dari Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro UGM. Sedangkan putri kedua, tahun ini masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi UGM melalui jalur SNMPTN.

Baca juga: Kemeriahan Sambut Pemilihan Dekan Fakultas Peternakan UGM 2021

Terkait proses pencalonan sebagai Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Gede mengusung strategi dalam pencapaian kinerja, yakni akan bersinergi dengan berbagai pihak, khususnya sumber daya yang dimiliki Fakultas, dengan semangat “Kesatuan dan kesetaraan” (Unity and equality), bersatu, bekerja sama saling bahu membahu dan setiap orang mempunyai hak, kewajiban dan kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam pengembangan Fakultas Peternakan. Unsur-unsur yang merupakan kekuatan Fakultas (internal) serta kesempatan yang ada (eksternal), akan dioptimalkan. Sedangkan kelemahan yang ada di internal Fakultas dan tantangan yang akan dihadapi di masa mendatang akan diminimalisir dan diperbaiki, guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Untuk mendukung jalannya proses di fakultas agar dihasilkan output yang unggul dan inovatif, dibutuhkan sinergi baik dari input, sumber daya yang ada dalam fakultas (Dosen, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana) serta kerja sama erat dengan stakeholder terkait, baik pemerintah, swasta/industri maupun masyarakat. Dengan adanya sinergi dan kerjasama yang erat, diharapkan tujuan besar yang sudah dicanangkan, akan dapat tercapai.

2 thoughts on “Prof. I Gede Suparta Budisatria : Tak  Ada Hasil Yang Mengkhianati Usaha

  1. Prof. I Gede Suparta Budisatria adl sosok yg sederhana, bisa menjalankan tugas yg di amanahkan selama ini di Fakultas dg baik n maksimal. Sosok yg berilmu, bertanggung jawab dan bisa menjadi pemimpin Fakultas Peternakan UGM ke depan dg lebih baik karena mau belajar dg pimpinan sebelumnya. Ayo dukung Prof. I Gedhe Suparta B. menjadi Dekan Fakultas Peternakan UGM.

  2. Bli Gede adalah sosok yang baik dan bersahaja. Ayo dukung bli Gede menjadi Dekan Fakultas Peternakan UGM.
    Maju terus pantang mundur, bli Gede yang adikku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *