PW-ISPI Lampung Siap Dukung Pengembangan Plasma Nutfah Lampung

Pengurus Wilayah Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (PW-ISPI) Lampung siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung, untuk mendukung Program Petani Berjaya yang di dalamnya termasuk sektor peternakan.

Kolaborasi yang dilakukan, PW-ISPI Lampung utamanya mendukung dalam bentuk pengembangan dan pelestarian ternak lokal (plasma nutfah) Lampung seperti Kambing Saburai, Sapi Krui dan Kerbau Lokal Lampung.

Dukungan ini disampaikan oleh Ketua PW-ISPI Lampung,  Aris Susanto saat melakukan audiensi dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Mahan Agung, Bandar Lampung, Senin (1/3/2021).

Ketua PW-ISPI Lampung yang merupakan alumni Jurusan Peternakan Universitas Lampung itu menyampaikan bahwa PW-ISPI Lampung memiliki beberapa program unggulan, di antaranya adalah ISPI mengabdi dan berbagi, yang diwujudkan dengan kegiatan kampanye gizi, ISPI mengajar dan seminar. Selain itu terdapat program ISPI pendamping peternak dan pemeriksaan hewan kurban.

Program yang juga tengah berjalan adalah Rumah ISPI atau ISPI SHOP, merupakan kantor sekretariat PW ISPI Lampung sekaligus toko yang menjual berbagai produk peternakan.

Dalam mewujudkan program program yang telah dirancang, PW-ISPI Lampung berharap untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemprov Lampung. Selain itu juga akan bekerjasama dengan perguruan tinggi, organisasi profesi sejenis dan perusahaan di bidang peternakan.

“Program kerja PW ISPI Lampung periode 2021-2026 membutuhkan dukungan dari Gubernur Lampung, sejalan dengan slogan kami, yaitu ISPI sinergi dan kolaborasi,” kata Aris Susanto.

Oleh karena itu, pihaknya juga memohon kesediaan Gubernur Lampung untuk hadir pada pelantikan pengurus ISPI Lampung pada 10 Maret 2021. Kabarnya, dalam pelantikan ini salah satu mata acaranya adalah melakukan penandatanganan naskah kerjasama antara PW-ISPI Lampung dengan Mitra (3 Perguruan Tinggi di Lampung dan Organisasi terkait).

Gubernur Lampung mengapresiasi dukungan PW-ISPI terhadap program petani berjaya. Dia menilai, program kartu petani berjaya bisa memacu Lampung untuk menjadi lumbung pertanian dan ternak. Hal ini karena Kartu Petani Berjaya menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian dan peternakan secara bersama-sama

“Jadikan Lampung menjadi motor penggerak peternakan di Indonesia. KPB ini menghubungkan semua kepentingan pertanian untuk mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian dan peternakan secara bersama-sama mulai dari petani/peternak, supplier, distributor, perbankan, konsumen dan pemerintah,” kata dia.

2 thoughts on “PW-ISPI Lampung Siap Dukung Pengembangan Plasma Nutfah Lampung

  1. Terima kasih Ketum PB ISPI atas kehadiran nya dlm audensi Pengurus PW ISPI LAMPUNG dgn Gubernur Lampung pd Senin, 1 Maret 2021 di Mahan Agung Rumah dinas Gubernur Lampung di Jln. Dr. Susilo Bandar Lampung. In sha Alloh akan hadir dalam pelantikan PW ISPI LAMPUNG pasca KLB ISPI. Mohon doa dan support dari insan peternakan yg tergabung dlm organisasi ISPI @ PB ISPI dan PW ISPI seluruh Indonesia thdp beberapa program PW ISPI LAMPUNG tersebut. *KITA ADALAH ISPI dan ISPI ADALAH KITA BERSINERGI DAN BERKOLABORASI* Salam sehat dan perjuangan dari Lampung. @ Syahrio Tantalo sbg KETUA PENGAWAS PW ISPI LAMPUNG periode 2021-2026.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *