SC2VP ISPI Laksanakan Sekolah Lapang pada Penerima Program Desa Korporasi Sapi

#ISPIMengabdi telah melaksanakan Sekolah Lapang dari tanggal 1 Oktober sampai 6 Oktober 2021. Sekolah lapangan dilaksanakan di 10 kelompok ternak dampingan ISPI melalui program Supporting Cattle Corporation Village (SC2VP).

SC2VP merupakan program pendampingan dan memberikan bantuan kepada kelompok ternak penerima program Desa Korporasi Sapi (DKS) Kementerian Pertanian Republik Indonesia tahun 2020. Program yang dimulai pada Juli 2021 ini merupakan kerjasama Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) dengan Indonesia Australia Red Meat & Cattle Partnership (IA-RMCP) yang dilaksanakan di 2 kabupaten yaitu kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur dan Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Tim SC2VP telah melaksanakan beberapa kegiatan di masing-masing korporasi dan kelompok dampingan sejak minggu ke-2 Juli hingga Oktober 2021 seperti Workshop Induksi, Pertemuan Panitia Pengarah, Workshop Detail Design, pendataan ternak untuk data dasar, studi banding Korporasi, pendampingan kelompok dan korporasi serta peningkatan kapasitas peternak dengan kegiatan sekolah lapang.

Sekolah Lapang

Sekolah Lapang (SL) dilaksanakan secara langsung di lokasi kandang. Tujuan Sekolah Lapang adalah untuk meningkatkan kapasitas peternak dengan menambah pengetahuan praktisi teknis peternak. Selain itu juga bertujuan untuk penguatan dan pengakraban kembali seluruh anggota kelompok ternak, sosialisasi dan diskusi kegiatan SC2VP, menampung ide dan aspirasi.

SL dilaksanakan di kandang kelompok dan di sekretariat korporasi dengan materi yang berbeda disetiap lokasi dampingan. Untuk wilayah Probolinggo Jawa Timur, SL dilaksanakan di 5 kelompok dan 1 korporasi yaitu Kelompok Mukti Jaya 1, Kelompok Genting Makmur Jaya, Kelompok Baru Muncul, Kelompok Margi Santoso 3, Kelompok Makmur 3 serta Korporasi KUBE Langgeng Basuki.

Materi SL yang akan diberikan kepada kelompok ternak di Probolinggo yaitu membangun motivasi, kepercayaan antar kelompok dan sosialisasi kelompok, Manajemen pemeliharaan (handling sapi, manajemen kandang, penilaian BCS, penimbangan, load-unload ternak), manajemen pakan dan air serta penanganan limbah.

Untuk wilayah Lampung Selatan, SL dilaksanakan di 5 kelompok dan 1 korporasi yaitu Kelompok Suka Maju 2, Kelompok Sudi Makmur 3, Kelompok Sumber Rezeki, Kelompok Barokah Jaya, Kelompok Bumi Asih Sejahtera dan Korporasi KPT Maju Sejahtera. Materi yang disampaikan persiapan membuat silase dalam silo (bunker), Pemberian pakan per periode umur, Perbaikan dan efisiensi kebun Hijauan Pakan Ternak (HPT), manajemen kandang, kondisi bak pakan dan air, kebersihan, pentingnya penimbangan ternak (bakalan), pertolongan kelahiran serta handling induk dan pedet yang sakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *