SELAYANG PANDANG ISPI CABANG LAMPUNG “KITA ADALAH ISPI, DAN ISPI ADALAH KITA”

Jelang Musyawarah Cabang (Muscab) yang dilakukan oleh Kepengurusan ISPI Cabang Lampung periode 2016-2020 yang direncanakan pada Sabtu, 19 Desember 2020 secara off line dan on line zoom meeting, maka saya menyajikan tulisan tentang “Selayang Pandang ISPI Cabang Lampung.

SYAHRIO TANTALO (Dosen Peternakan Faperta Universitas Lampung, Sekretaris Dewan Penasihat ISPI Cab. Lampung Periode 2016-2020)

ISPI Cabang Lampung merupakan wadah organisasi profesi bagi sarjana peternakan yang berdomisili di wilayah Provinsi Lampung. ISPI Cabang Lampung sudah berkiprah cukup lama yaitu sejak tahun 1980, Pada saat itu diketuai oleh Ir. Luhut Hutasoit (1980 – 1984), kemudian periode berikutnya berturut turut dipimpin oleh Ir. Dasuki Kholil (1984 – 1992), selanjutnya Ir. Imat Ruhimat (1992 – 2004) dan Ir. Didik Purwanto (2004 – 2008); serta Ir. Didik Purwanto (2008-2016). Dinamika organisasi profesi ISPI Cabang Lampung ini dengan jumlah sarjana peternakan yang berdomisili di wilayah Lampung yang relatif banyak ini cukup unik. Jika kita cermati masa kepengurusan ISPI Cabang Lampung ini tidak beraturan, bahkan pernah vakum bahkan mati suri dalam kepengurusannya, sehingga lama masa kepengurusan tersebut ada mencapai 12 tahun.

Pada tahun 2016, seiring dengan dinamika yang cukup menggeliat program/kegiatan yang dilakukan oleh PB ISPI yang dipimpin Bapak Prof. Dr. Ir. Ali Agus, M.Sc., maka ISPI Cabang pun tersentak untuk melakukan Musyawarah Cabang (Muscab) untuk pergantian kepengurusan tersebut. Dengan semakin banyaknya jumlah Sarjana Peternakan (S.Pt) yang berdomisili di Lampung dan semangat muda yang bergelora, maka dilakukan Muscab yang sangat demokrasi di Aula Fakultas Pertanian Universitas Lampung dengan sistem pemilihan one man one vote. Hasil Muscab tersebut memberikan mandat kepengurusan ISPI Cabang Lampung dipimpin oleh ISPI muda Lampung yaitu Bpk. Ichwan Adji Wibowo, S.Pt., M.M. sebagai Ketua periode tahun 2016 – 2020.

Terkait kiprah saya dalam organisasi profesi ini, seingat saya, sejak (tahun 1986) dengan diterimanya sebagai Dosen Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Unila. Saya mulai ikut gabung dengan ISPI LAMPUNG pada saat ISPI LAMPUNG dipimpin oleh oleh Bpk Dasuki Kholil (1984 – 1992) sebagai simpatisan. Kemudian pada masa kepemimpinan Bpk. Imat Ruchimat (Almarhum) pada sekitar tahun 1990 an, saya sudah tercatat sebagai bagian dari kepengurusan pada Bidang Pengabdian Masyarakat. Pada kepemimpinan kepengurusan ISPI Cabang Lampung yang sebagai Ketua yaitu Bpk. Ir. Didik Purwanto (2008 – 2016), saya tercatat sebagai Ketua I Bidang Pengembangan Organisasi. Dinamika Muscab pada saat itu bertempat di Hotel Marcopolo Bandar Lampung dilakukan secara musyawarah mufakat dengan tiga calon Ketua Umum yaitu Didik Purwanto, Syahrio Tantalo, Agus Wahyudi. Hasil mufakat tersebut akhirnya tersusun Struktur Kepengurusan ISPI Cab. Lampung periode 2008 – 2016 tersebut yang ditetapkan, sebagai berikut :

  1. Pembina : Ir. Darmadji MGDP, Ir. Imat Ruhimat, Ir. Ahmad Junaidi Auli, MM
  2. Ketua Umum : Ir. Didiek Purwanto
  3. Ketua I Bid. pengembangan organisasi : Ir. Syahrio Tantalo, MS
  4. Ketua II Bidang pengabdian masyarakat : Ir. Ucu Samsuri Abdurahman
  5. Ketua III Bidang pengembangan Iptek : Dr.Ir. Didik Rudiono
  6. Sekretaris Umum : Ir. Agus Wahyudi
  7. Wakil Sekretaris : Dzikro, SPt
  8. Bendahara Umum : Ir. Dessy Romas, MM
  9. Wakil Bendahara : Ir. Yeni Sulistyani
  10. Kompartemen (Anggota) :
    Organisasi :
    a. Ir. Pius Wardoyo
    b. Ichwan Adji Wibowo, SPt
    c. Ir. Gunawan Hadi Prabowo
    Pengabdian Masyarakat :
    a. Ir. Santoso Adhi
    b. Ir. Nasrizal Jalinus
    c. Dr. Ir. Muhtarudin
    Pengembangan Iptek :
    a. Dr. Ir. Erwanto, MS
    b. Ir. Ikbal Pujananto
    c. Windu Indrayani, SPt.

Selanjutnya, pada kepengurusan ISPI Cabang Lampung periode tahun 2016-2020 yang diketuai Bpk. Ichwan Adji Wibowo, S.Pt., M.M., maka saya diminta oleh pengurus sebagai Sekretaris Dewan Penasihat. Slogan “KITA ADALAH ISPI, DAN ISPI ADALAH KITA”, merupakan slogan yang dilontarkan oleh Bpk. Bpk. Ichwan Adji Wibowo, S.Pt., M.M., yang selalu kami tebarkan dan gaungkan dalam setiap pertemuan anggota ISPI Cabang Lampung pada periode 2016 – 2020. Slogan tersebut bermakna bahwa maju mundur nya ISPI adalah sangat tergantung dari kiprah sarjana peternakan itu sendiri dalam organisasi profesi yang kita namakan IKATAN SARJANA PETERNAKAN INDONESIA (ISPI).

Waktu terus berjalan dan berlalu tanpa dapat kembali lagi. Oleh sebab itu, mencermati jumlah Sarjana Peternakan yang berdomisili di wilayah Provinsi Lampung yang terus bertambah, potensi Lampung sebagai wilayah agribisnis peternakan, serta problematika kekinian dari bidang peternakan, maka ide/pemikiran dari Sarjana Peternakan melalui wadah organisasi profesi peternakan (ISPI Cabang Lampung) sangat dibutuhkan untuk dapat berkiprah dalam proses pembangunan peternakan di Provinsi Lampung dan di tingkat nasional.

Sebagai informasi tambahan yang saya peroleh dari opini umum pada www.pb-ispi.org. “Catatan Perjalanan ISPI : Dinamika Kongres, Pergantian Antar Waktu Demi Lancarnya Organisasi”; yang ditulis oleh Bambang Suharno, Pemimpin Redaksi Majalah Infovet, Penulis Buku Catatan Perjalanan 40 tahun ISPI. “Jika pada acara Diskusi Sejarah ISPI yang dilakukan ISPI PC Bogor 20 Juni 2020, diketahui pada tahun 1968 adalah awal dimulainya sejarah Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI). Erwin Soetirto dalam buku Catatan Perjalanan 40 Tahun ISPI, mengatakan, waktu itu sebanyak 7 (tujuh) orang sarjana peternakan angkatan pertama IPB, berkumpul untuk mendirikan organisasi yang kemudian dikenal dengan nama Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI). Ketujuh orang tersebut adalah Ir. Erwin Soetirto, Ir. Djarsanto, Ir. Rachmat Hidayat, Ir. Jan Leswara, Ir. Ignatius Kismono, Ir. Koeswardhono Mukdidjo, Ir. Yayan Suchriyan S. Selanjutnya, Ignatius Kismono, menyatakan tujuh pendiri ini kemudian menyelenggarakan Kongres ISPI pertama pada 20 Agustus 1968 di Ciawi Bogor, dan kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari lahir ISPI.

ISPI sudah mencapai usia 52 Tahun pada tahun 2020 ini. Usia 52 tahun tersebut merupakan usia yang dewasa dengan memiliki tingkat kematangan dalam berpikir dan bertindak. ISPI merupakan organisasi profesi yang mewadahi seluruh Sarjana Peternakan dalam menjadi mitra bagi Pemerintah dalam membangun Peternakan Indonesia. ISPI berfungsi sebagai wadah dan bentuk kerjasama para Sarjana Peternakan di Indonesia yang bertujuan untuk memajukan, mengembangkan dan mengamalkan ilmunya dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan peternakan.

Tulisan Selayang Pandang Tentang ISPI Cabang Lampung ini, saya tulis untuk mendukung pelaksanaan Muscab ISPI Cabang Lampung yang akan dilaksanakan secara off line dan on line (zoom meeting) pada Sabtu, 19 Desember 2020 di Bandar Lampung. Secara pribadi dan atas nama Dewan Penasihat ISPI Lampung periode 2016-2020, kami ucapkan salut dan apresiasi terhadap gelaran Muscab tersebut yang dilakukan oleh kepengurusan ISPI Cabang Lampung periode 2016-2020 yang diketuai oleh Bpk. Ichwan Adji Wibowo, S.Pt., M.M yang dilakukan pada akhir tahun 2020 ini.

Saya sangat berharap untuk partisipasi dan kontribusi yang saling menguatkan untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Muscab tersebut. Dengan doa dan harapan, semoga ISPI Cabang Lampung dapat menghasilkan keputusan-keputusan termasuk terpilihnya Ketua ISPI Cabang Lampung periode tahun 2020 – 2024 yang berkomitmen untuk dapat menggairahkan dinamika organisasi profesi sarjana peternakan tersebut. Saya menghimbau, mari kita saling bergandeng tangan dalam mewujudkan kiprah kita semua sebagai Sarjana Peternakan baik super senior, senior, dan yunior serta sarjana peternakan melinial dengan moto : “KITA ADALAH ISPI, DAN ISPI ADALAH KITA”

VIVA PETERNAKAN….TABIK PUN

One thought on “SELAYANG PANDANG ISPI CABANG LAMPUNG “KITA ADALAH ISPI, DAN ISPI ADALAH KITA”

  1. Selayang pandang ISPI Cabsng Lampung mengajak kita untuk berkilas balik tentang jejak langkah dan kobtrbusi ISPI dalam membangun peternakan di Sang Bumi Ruwa Jurai. Tulisan yang bagus. Bravo Pak Rio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *