Sinergi Membangun Peternakan Sumatera Utara

Pengurus Wilayah Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (PW ISPI) Sumatera Utara (Sumut) bersama Pengurus Besar (PB) ISPI, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan provinsi Sumut melaksanakan Audiensi bersama Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Audiensi yang di gelar di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara pada Rabu (26/1/2022) ini dilakukan dalam rangka pengenalan PW ISPI Sumut dan sekaligus membahas isu-isu yang sedang hangat di Sumatera Utara khususnya berkaitan dengan peternakan.

Lebih lanjut, PW ISPI Sumut bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan membahas langkah-langkah strategis upaya peningkatan produksi daging sapi, kambing dan domba lalu diikuti oleh peningkatan produksi telur maupun daging ayam di Sumatera Utara.

Prof. Dr. Hasnudi selaku pakar Produksi Ternak Ruminansia yang sekaligus sebagai Dewan Pertimbangan Organisasi PW ISPI Sumut yang turut hadir di acara audiensi itu mengatakan bahwa kolaborasi ini akan menjadi jalan untuk meningkatkan peran asosiasi profesi dan dinas terkait di Sumatera utara dalam meningkatlan produksi ternak serta kesejahteraan peternak lebih baik lebih lebih maju. Selain sejahtera khususnya peternak maupun petani, diharapkan konsumen akhir dari produk peternakan mendapatkan harga yang wajar dengan kualitas yang baik.

Pada kesempatan ini juga Ketua Umum PW ISPI Sumut, Edhy Mirwandhono, berharap agar terdapat sinergi antara PW dengan Pemprov. “ISPI PW Sumut berharap agar pemerintah juga ikut berperan dalam kegiatan program kerja yang akan dilakukan oleh PW ISPI Sumut ini”, harapnya.

Joko Susilo, Sekjen PB ISPI yang turut hadir pada kesempatan ini juga memberikan usulannya. “Beberapa prioritas yang harus diperhatikan dalam mengembangkan Peternakan tidak lain terdiri dari SDM lulusan pendidikan peternakan yang unggul, kegaitan bersinergis dengan Dinas terkait yang menangani pertanian/peternakan, guna meningkatkan produksi komoditas peternakan orientasi eksport serta mendorong peningkatan populasi kambing perah. Memberikan bimbingan serta motivasi kepada kaum milenial untuk mau berusaha dibidang peternakan”, ujar Joko Susilo.

Menanggapi usulan usulan tersebut, Gubernur Edy Rahmayadi siap mendukung dengan sepenuh hati. “Saya sangat mendukung kegiatan ini. Harapan saya PW ISPI Sumut dapat berkolaborasi dengan dinas terkait dan melibatkan mahasiswa atau dibidang akademik didalamnya. Agar hasil yang didapat lebih maksimal dan dapat mencapai target yang sudah ditetapkan serta dapat diperlengkapi dengan fungsi,” tutur Gubernur Edy Rahmayadi.

Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan ikut serta menyampaikan bahwa berdasarkan data yang ada, Sumut dapat mengekspor ternak khususnya di komoditas kambing dan domba, serta daging dan telur ayam. Namun untuk hasil yang ada saat ini masih belum mencapai target yang sudah direncanakan.

Diakhir kegaiatan, dilakukan foto bersama sekaligus pemberian cinderamata dari PW ISPI Sumut, PB ISPI, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan bersama dengan Bapak Gubernur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.