Strategi Pemasaran dan Hilirisasi Produk Ayam KUB bersama ISPI dan BPTP

Kegiatan Kolaborasi Bimbingan Teknis Hilirisasi Teknologi dan Inovasi, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo dalam hal pengembangan ayam KUB bekerjasama dengan Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Wilayah Gorontalo dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango telah dilaksanakan pada hari Rabu, 24 November 2021 bertempat di Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Mootoduwo Terpadu di Desa Huluduotamo, Kecamatan  Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kegiatan yang dilaksanakan selama setengah hari ini, dihadiri 30 peserta yang berasal dari peternak ayam KUB binaan BPTP Gorontalo dan mahasiswa magang Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Fakultas Pertanian dan Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Ir Sulastri Lamusu, serta dihadiri oleh perwakilan dari BPTP Gorontalo, Dr Andi Yuliani Fadwiwati, S.Pt, M.Si, perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Rifai Amu, S.Pt, MM; dan Ketua ISPI Wilayah Gorontalo, Dr. Ir. Syamsul Bahri, MP. Beberapa pemateri kegiatan ini diberikan oleh pengurus ISPI Wilayah Gorontalo, yaitu Dr La Ode Sahara, S.Pt, M.Si (Wakil Ketua) dengan materi “Strategi Pemasaran Ayam Kampung”, Ir. Agus Bahar Rachman, S.Pt, M.Si, PhD (Ketua Bidang Kajian Ilmiah dan Isu Strategis) dengan materi “Pasca Panen dan Pengolahan Hasil Produk Ayam”;  dan dari BPTP Gorontalo, Soimah Munawaroh, S.Pt, dengan materi “Praktek Pengolahan Hasil Produk Ayam”.

Ayam KUB merupakan ayam kampung galur baru hasil seleksi secara genetik oleh team peneliti Balai Penelitian Dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Ayam galur baru ini dinamakan ayam Kampung Unggul Balitbangtan dan disingkat dengan ayam KUB. Ayam KUB diseleksi dengan tujuan untuk ayam petelur dan menjadi indukan penghasil DOC (Day Old Chicken) yang banyak untuk memenuhi kebutuhan ayam kampung. Ayam KUB menjadi lebih unggul dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Keunggulannya adalah jumlah telur yang dihasilkan lebih banyak dan sifat mengeramnya berkurang sehingga cepat bertelur kembali.

Berita ini dikutip dari https://pangannews.id/berita/1638182111/strategi-pemasaran-dan-hilirisasi-produk-ayam-kub-bersama-ispi-dan-bptp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.