Suaedi Sunanto, dari sales jadi CEO perusahaan ternama

JAKARTA, ISPINews. Nutricell Pacific adalah perusahaan nutrisi ternak dan binatang kesayangan yang tengah berkembang. Kesuksesan perusahaan ini, tentu tidak bisa lepas dari peran pimpinan yang menjalankan roda perusahaan secara profesional.

Adalah Ir. Suaedi Sunanto, S.Pt., MBA., IPU yang kini memimpin CEO PT. Nutricel Pacific sejak tahun 2018 hingga sekarang. Awalnya, Edi – sapaan akrabnya – memulai karir di bidang marketing pada tahun 1995 dengan menjadi Technical Sales Representative di Elanco Animal Health Indonesia. Dua tahun berselang, karir Edi merangkak naik dengan menduduki jabatan Manager of New Business Development ASEAN di BASF South East Asia, salah satu perusahaan kimia terbesar di dunia.

Bertahan hingga tahun 2007, Edi kemudian memutuskan pindah ke Trouw Nutrition Indonesia sebagai Manager. Selanjutnya, pada tahun 2009, Edi diangkat menjadi Direktur di DSM Nutritional Products Indonesia. 20 tahun sejak menjalani karir pertamanya, pada tahun 2016, Edi memutuskan untuk kembali ke perusahaan tempat pertamanya bekerja, yaitu PT. Elanco Animal Health Indonesia, dengan posisi menjadi Direktur.

Perjalanan karirnya yang terbilang mulus itu, didukung dari latar belakang pendidikan yang ditempuhnya. Pria kelahiran 28 Februari 1973 ini, adalah lulusan Fakultas Peternakan  Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 1995, pada bidang nutrisi dan pakan ternak. Kemudian, pada tahun 1997 melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia pada program master degree in material science.

Tahun 2011, Edi kembali melanjutkan pendidikan pada program Master Business of Administration di Insead Business School, Singapura. Berdasarkan pengalaman menjalani pekerjaan di bidangnya, Edi mengikuti program profesi insinyur peternakan di Universitas Gadjah Mada untuk mendapatkan gelar Insinyur. Dari situ, ia mendapat gelar IPU karena pengalamannya yang cukup lama dalam menjalani keprofesian bidang peternakan.

Bekal keilmuan tersebut juga digunakan Edi untuk berbagi ilmu melalui publikasi pada kegiatan bertaraf internasional. Sebut saja Indolivestcok Forum, World Aquaculture Conference dan Asia Pacific Poulty Conference. Tak hana itu, Edi juga memiliki publikasi di Aquaculture Asia Pacific  Edition.

Jiwa kepemimpinan Edi, terus berkembang dan tidak perlu diragukan lagi. Dalam berorganisasi, kini Edi menjabat Ketua III Pengurus Besar Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (PB ISPI). Ia membawahi bidang III yaitu Keanggotaan, Pembinaan Cabang dan Pengembangan Usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *