Suswono, Sarjana Peternakan yang Pertama Menjadi Menteri Pertanian

Suswono

Menyambut Kongres Luar Biasa ISPI 2021, redaksi pb-ispi.org menurunkan tulisan tentang tokoh sarjana peternakan yang patut dijadikan teladan bagi para mahasiswa dan sarjana peternakan dimanapun berada. Ia adalah Dr. Ir. Suswono MMA, sarjana peternakan yang pertama menduduki jabatan sebagai Menteri Pertanian.

Sarjana Peternakan yang pertama menduduki jabatan sebagai Menteri adalah Dr. Ir.Ali Rahman, dengan posisi sebagai Menteri Sekretaris Negara di era Pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid. Sedangkan sarjana peternakan yang pertama menjadi Menteri Pertanian adalah Dr. Ir. Suswono, MMA yang mendapat kepercayaan sebagai Mentan di era Pemerintahan SBY tahun 2009-2014, menggantikan Anton Apriyantono. Setidaknya ISPI boleh bangga karena ada anggotanya yang sudah menduduki jabatan Menteri. Apalagi sebagai Menteri Pertanian, dimana selama ini hampir selalu dijabat oleh sarjana pertanian.

Suswono lahir di Tegal, Jawa Tengah pada 20 April 1959. Ia adalah anak dari H. Asyraf dan Hj. Suratni. Suswono mempunyai enam adik: Suciati, Agus, Artati Budi, Arum, Arif, dan Iman Setiaji . Buah dari pernikahannya dengan Mieke Wahyun ia dikaruniai empat orang anak yaitu Anna Mariam Fadhilah, Adilah Ihsani, Muhammad Usaid Gharizah, dan Sarah Nabilah .

Disebutkan dalam Wikipedia, sejak kecil, Suswono terkenal sebagai anak yang pintar. Ini dapat dilihat dari prestasinya ketika bersekolah di mana dia juga sempat mendapatkan penghargaan sebagai pelajar teladan semasa SMA dan menjadi lulusan terbaik Sepadya pada tahun 1987. Lulus Program S1 Sosial Ekonomi Peternakan IPB pada tahun 1984, selanjutnya dia meneruskan pendidikannya di Magister Manajemen Agribisnis dan Doktoral Manajemen Bisnis IPB.

Selain cerdas secara akademik, Suswono juga aktif di sejumlah organisasi, antara lain menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB, Pengurus Pelajar Islam Indonesia (PII) Daerah Tegal, dan Ketua PII Komisariat Slawi.

Suswono mengawali karir politiknya dengan bergabung pada Partai Keadilan Sejahtera. Pada tahun 2004, Ia menjadi caleg dan maju ke bursa pemilihan umum. Dia akhirnya terpilih dan dipercaya untuk menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS yang membidangi masalah pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, kelautan, dan pangan.

Sebelum menjabat sebagai anggota DPR RI, Suswono pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli Menteri Kehutanan tahun 1999 hingga tahun 2001. Pada tahun 2009, ketika presiden SBY membentuk kabinetnya, Suswono terpilih untuk menggantikan Dr. Ir. H. Anton Apriyantono, MS yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pertanian.

Selama menjabat sebagai menteri, Suswono selalu berusaha menyelesaikan berbagai persoalan pertanian utamanya peternakan yang sedang dihadapi Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan visinya saat menjadi Menteri Pertanian yakni pertanian industrial unggul berkelanjutan yang berbasis
sumberdaya lokal untuk meningkatkan nilai tambah, daya saing ekspor dan kesejahteraan petani.***

  • Sumber : Buku refleksi 50 Tahun ISPI dan sumber lainnya.
  • Penulis : Bambang Suharno

One thought on “Suswono, Sarjana Peternakan yang Pertama Menjadi Menteri Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *